6 Bahaya Mencabut Alis Bagi Tubuh Yang Sangat Mengejutkan

Kini sehat - Setiap wanita di dunia ini tentu ingin tampil cantik dan menawan. Terlebih terhadap wajah, mereka memberikan perhatian dan perawatan secara khusus. Untuk terlihat cantik sempurna, sebagian wanita mengubah bentuk alis di wajah mereka. Ironisnya, untuk membentuk rambut alis sesuai keinginan mereka, tak jarang caranya dengan mencabut beberapa helai rambut tersebut. Padahal, tindakan ini sangat merugikan kesehatan tubuh. Apa alasannya? Simak penjelasan di bawah ini, yuk.

6 Bahaya Mencabut Alis Yang Sangat Mengejutkan
Banyak wanita mencukur rambut alisnya dan melukisnya dengan pensil untuk mengganti rambut yang hilang, sehingga bentuknya lebih cantik dan menarik. Tentu saja, "cantik" di sini adalah definisi menurut sebagian orang saja. Karena makna cantik sesungguhnya adalah kesesuaian antara sikap, kepribadian, di samping wajah yang menawan secara alamiah.

Kembali ke pokok permasalahan, apakah bahaya mencabut alis untuk tubuh? Nah, para ilmuwan mengatakan bahwa rambut alis berguna untuk menjaga kelembaban pada mata, sehingga keringat yang mengucur tidak mengenai mata kita. Dengan adanya alis, keringat ini akan mengalir ke samping wajah.

Demikian juga saat hujan turun, mata kita tetap dilindungi oleh rambut-rambut di atasnya. Sehingga kita tetap melihat benda di depan dengan jelas. Pastinya, banyak fungsi rambut alis lainnya, termasuk untuk menahan debu supaya tidak masuk ke dalam kelopak mata. Rambut alis juga berfungsi untuk menunjukkan ekspresi emosi dan bahasa tubuh. Dari sisi kecantikan, rambut halus ini berguna untuk menambah keindahan wajah.


6 Bahaya Mencabut Alis Bagi Tubuh Yang Sangat Mengejutkan


Kini, metode sulam alis seakan bukanlah sesuatu yang aneh. Sebagian lainnya mengubah bentuk alis dengan cara lain, yaitu menggunakan tato. Apakah keduanya berbahaya terhadap kesehatan tubuh?

1. Risiko timbulnya jerawat

Dengan mencukur rambut sampai habis atau menghilangkannya dengan obat tertentu, maka kulit lebih rentan terkontaminasi zat tertentu yang dapat menyuburkan bakteri penyebab jerawat.

2. Iritasi pada mata

Keringat yang mungkin masuk ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi, karena garam yang ada di dalamnya. Nah, rambut alis berfungsi untuk mencegah keringat tersebut memasuki mata anda.

Nah, bagaimana dengan seseorang yang tidak mempunyai alis sejak lahir? Menurut penelitian ilmiah, mereka yang tidak punya alis sejak bayi pada umumnya mempunyai bulu mata yang lebih tebal dan tulang dahi yang menonjol. Dengan begitu, dapat mencegah keringat dan air hujan masuk ke dalam kelopak mata.

3. Kulit terluka

Jika anda mencukur alis mata dengan agresif atau terburu-buru, mungkin saja terjadi luka pada kulit. Terlebih jika mencabut rambut halus tersebut dengan sembarangan, risikonya dalah rambut tidak tumbuh lagi.

4. Haid tidak teratur


Apa bahaya mencabut alis bagi kesehatan tubuh? Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut dapat mengganggu hormon dalam tubuh wanita, serta mempengaruhi sekresi hormon tiroid. Kadar hormon yang tidak seimbang ini, dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur serta berakibat ketegangan saraf dan obesitas. Saraf yang tegang dapat memicu stres dan sulit tidur di malam hari (insomnia).

5. Infeksi pada kulit

Menurut seorang staf dermatologi senior di USA, dengan mencabut alis mata dapat berisiko trauma pada kulit. Kasus yang sering terjadi seperti bengkak, kemerahan pada kulit, bahkan rambut tumbuh ke dalam kulit anda dan berakibat infeksi.

6. Risiko kanker

Fakta kesehatan yang cukup mengejutkan, bahwa kebiasaan mencabut alis mata ternyata dapat memicu risiko kanker terutama pada wanita. Mencabut rambut di atas mata dapat mengakibatkan terjadinya pembekuan darah di sekitar tumbuhnya rambut dan bagian tertentu dalam tubuh. Darah beku yang menggumpal selama bertahun-tahun dalam tubuh, dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker.

Nah, itulah bahaya mencukur alis bagi kesehatan tubuh. Jadi, sebuah pilihan bagi anda untuk tampil cantik sesuai keinginan anda, tentunya dengan risiko kerusakan pada kulit dan penyakit lainnya. Atau, tetap cantik dengan alis yang unik tanpa mencabutnya dengan pinset? Menarik: 11 Tips wajah cantik tanpa kosmetik

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Bahaya Mencabut Alis Bagi Tubuh Yang Sangat Mengejutkan"

Post a Comment