17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat

Disentri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi basil Shigella dan amoeba. Penyakit disentri pada umumnya menimbulkan diare akut yang terjadi secara mendadak. Membran lendir usus merupakan bagian yang diserang oleh penyakit ini, sehingga feses bercampur dengan lendir dan darah. Untuk mengatasi disentri, anda dapat menggunakan obat medis ataupun cara alami.

17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat
Gejala penyakit disentri antara lain; mulas, rasa dahaga terus menerus, tubuh tidak berenergi, suhu tubuh melonjak, dan sering BAB. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan makanan, minuman, dan lingkungan.

Lalat dapat membawa kotoran yang mengandung bakteri maupun amoeba. Jadi, menjaga kebersihan lingkungan termasuk selokan adalah wajib, untuk mencegah penyakit berbahaya seperti disentri.

Pengobatan awal terhadap penderita dapat dilakukan dengan menerapkan botol berisi air hangat pada perut pasien, kemudian membawanya ke rumah sakit terdekat. Untuk asupan, berikan makanan lunak kepada penderita. Berikan minuman teh yang tidak terlalu kental.


17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat


Disentri atau mejan dapat diobati menggunakan salah satu dari bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Nah, berikut ini adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit disentri:

1. Jamur kuping

Cara tradisional untuk mengobati penyakit disentri, salah satunya dengan jamur kuping. Rebus 15 gram jamur kuping dan 30 gram gula aren bersama air bersih. Silahkan minum airnya secara teratur setiap hari.

2. Kulit manggis

Siapkan dua buah manggis, untuk mengatasi disentri secara alami. Potong-potong kulitnya, rebus dengan air bersih. Tambahkan gula aren, kemudian minum ½ gelas airnya di pagi dan sore.


3. Daun sangketan

Untuk mengatasi disentri pada anak-anak ataupun orang tua, minum rebusan 60 gram tanaman sangketan yang masih segar.

4. Kulit pohon srikaya

Obat disentri tradisional berikutnya adalah srikaya. Minum rebusan kulit pohon ini, dengan teratur di pagi dan malam hari.

5. Mentimun

Cara mengobati disentri yang paling mudah dengan menggunakan mentimun. Iris-iris mentimun, anda dapat mengkonsumsi sayur ini bersama madu murni.

6. Keji beling

Bukan hanya berguna untuk meluruhkan batu ginjal, keji beling dapat juga digunakan untuk mengobati diare akut. Anda dapat minum rebusan dari tanaman ini setiap hari, sampai penyakit sembuh.

7. Daun pule

Obat disentri lainnya dengan menggunakan beberapa bahan tradisional. Siapkan 5 lembar daun pule, sebutir gambir, dan kulit pohon cemara. Tumbuk semuanya sampai lumat, campur dengan madu dan sedikit air. Peras dan minum 2 sdm airnya, 2 kali dalam sehari.

8. Daun krokot

Siapkan masing-masing 15 gram; daun sambiloto, kulit delima, krokot, dan daun sendok. Rebus dengan 3 gelas air, sampai tertinggal 1 ½ gelas. Airnya dapat dikonsumsi dengan takaran ½ gelas tiap pagi dan petang hari.

9. Buah pare

Jus buah pare efektif untuk mengatasi disentri secara alami. Cukup minum jus ini dua kali dalam sehari. Jika sulit mendapatkannya, minum rebusan akar pare.

10. Akar bayam

Untuk mengatasi diare akut, tumbuk segenggam akar bayam merah kemudian tambahkan garam dapur. Peras dan minum airnya.

11. Buah rambutan

Air rebusan dari kulit buah rambutan dapat digunakan sebagai obat disentri. Takarannya adalah 10 buah rambutan.

12. Tanaman tampal besi (Phyllanthus reticulatus)

Rebus 15 gram batang tanaman ini bersama 3 gelas air. Angkat setelah tersisa 1 gelas air saja.Biarkan dingin, minum ½ gelas ramuan ini di pagi dan sore hari.

13. Mahkota dewa

Jemur kulit buah mahkota dewa di bawah sinar matahari sampai kering. Ambil 5 gram kulit buah tadi, rebus bersama 500 ml air selama 15 menit. Ramuan ini dapat diminum hingga 3 kali dalam satu hari.

14. Daun tapak liman

Cara mudah untuk mengatasi disentri adalah menggunakan tapak liman. Ambil 25 gram tanaman yang sudah dikeringkan, minum air rebusan darinya.

15. Jambu biji

Bukan buahnya, tapi akar dan 10 helai daun jambu biji yang digunakan untuk mengobati disentri secara tradisional. Potong-potong keduanya, rebus dengan air bersih selama 20 menit. Minum ramuan ini dengan rutin sampai sembuh.

16. Tanaman tali putri

Mungkin anda menganggap tanaman parasit ini hanya mengganggu tumbuhan lain saja. Secara empiris, disentri dapat diobati dengan tanaman tali putri. Rebus 50 gr tanaman tali putri bersama 750 ml air, sampai tersisa 250 ml. Minum ½ gelas airnya, 2 kali sehari.

17. Daun pegagan

Untuk mengobati disentri juga dapat menggunakan racikan dari beberapa bahan alami. Ambil daun pegagan, kunyit, daun alpukat, dan temu kunci. Setiap bahan dengan takaran 5 gram, siapkan juga ½ gram rasuk angin. Seduh semua bahan dengan secangkir air panas. Minum di pagi hari saja.

Nah, itulah 17 cara mengatasi disentri secara tradisional dan cepat. Anda dapat mencoba salah satu dari sekian cara yang disebutkan di atas. Beralih ke metode tradisional lainnya, jika obat ternyata tidak efektif. Jika penyakit masih belum sembuh dalam beberapa hari, segera kunjungi dokter anda. Pelajari juga: 5 cara mengobati muntaber dengan cepat

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat"

Post a Comment