6 Terapi Untuk Mengatasi Mata Minus Secara Alami

Kini sehat - Penglihatan yang tajam menjadi aset berharga bagi semua orang. Untuk melihat benda pada jarak jauh maupun dekat dibutuhkan kesehatan mata yang bagus. Sayangnya tidak semua orang mampu melihat objek secara jelas pada jarak jauh. Mata minus merupakan gangguan penglihatan dimana penderita tak mampu melihat obyek di kejauhan dengan baik.

6 Terapi Untuk Mengatasi Mata Minus Secara Alami
Penderita myopia atau mata minus akan melihat benda di kejauhan dengan penglihatan kabur atau buram. Kondisi medis ini dimulai dengan bola mata yang tegang dan kaku, yang pada akhirnya penderita mengalami pandangan yang tidak fokus.

Penyebab mata minus termasuk faktor genetik, stres pada mata, kebiasaan yang tidak sehat, atau penyakit tertentu. Jika anda tidak memiliki riwayat penyakit mata atau penyakit lainnya, mungkin saja cara membaca yang salah dan faktor lingkungan dapat memicu gangguan penglihatan ini.


6 Terapi Untuk Mengatasi Mata Minus Secara Alami


Untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa jenis makanan alami yang baik untuk dikonsumsi. Silahkan baca artikel sebelumnya: 13 makanan super yang menyehatkan mata. Tapi artikel kali ini akan membahas tentang terapi pengobatan myopia dengan teknik gerakan dan latihan, sehingga kondisi mata akan pulih secara berangsur. Berikut ini adalah 6 latihan untuk mengatasi mata minus yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menghilangkan ketegangan otot-otot mata

Metode pengobatan mata minus berorientasi pada relaksasi otot-otot mata yang tegang. Salah satu caranya dengan mengompres area sekitar mata dengan kain yang dicelupkan ke dalam air hangat.

Tempelkan kain hangat pada mata anda dalam keadaan terpejam. Kehangatan pada otot-otot mata akan membuatnya kendur sehingga anda dapat melatihnya untuk leboh fokus melihat objek jauh.

2. Terapi Lilin


Metode yang cukup populer untuk menurunkan minus pada mata adalah menggunakan cahaya lilin. Nyalakan lilin pada ruangan gelap, tatap cahaya yang terpancar dari jarak agak jauh.

Jangan berkedip selama beberapa menit hingga air mata mengalir di pipi anda. Setelah terapi selesai, hapus air mata yang membasahi pipi. Kotoran juga keluar bersama air mata anda. Jadi, cuci mata dengan air bersih yang mengalir. Terapi lilin dapat dilakukan, 2 kali dalam seminggu.

3. Buat mata anda menjadi rileks

Metode pengobatan mata minus dimulai dengan memandang obyek yang mampu menyejukkan penglihatan, saat kita menatapnya. Anda dapat meluangkan waktu untuk melihat pemandangan indah seperti gunung, pohon-pohon hijau, dan sawah di pedesaan.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan elastisitas bola mata yang kaku dan stres. Metode ini akan melatih fokus terhadap objek di kejauhan.

4. Teknik berkedip

Latihan untuk mengendurkan otot-otot mata salah satunya dengan mengedipkan mata, dengan cara tertentu. Metode ini efektif untuk mengurangi mata minus. Latihan ini dilakukan dengan santai, sambil duduk.

Duduklah di kursi dan buka mata anda, dengan cepat kedipkan mata anda sebanyak 10 kali. Segera pejamkan mata anda selama 20 detik, masih dalam posisi duduk santai. Bernafas dengan perlahan, saat mengambil dan membuang udara dari hidung. Lakukan latihan ini secara rutin, 5 kali dalam sehari.

5. Latihan melihat objek yang bergerak

Untuk melenturkan bola mata yang kaku, latihlah mata anda untuk melihat benda-benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu. Mulai dari objek berkecepatan rendah. Anda dapat melihat kendaraan yang bergerak di jalan raya atau bola pingpong yang terbang di atas meja.

Metode ini sangat efektif untuk mengurangi mata minus, dengan cara melatih elastisitas bola mata. Pastikan anda tidak memandang objek tersebut pada jarak yang terlalu dekat.

6. Melihat obyek pada jarak yang bervariasi

Terapi pengobatan mata minus mengacu pada tingkat fokus mata. Metode yang mudah dilakukan adalah melihat benda yang berada di jarak dekat hingga jauh. Jadi, dimulai dengan memandang benda di jarak yang agak jauh kemudian semakin jauh. Terapi ini dapat dilakukan setiap hari.

Nah, itulah 6 terapi untuk mengatasi mata minus secara alami. Untuk obat mata minus secara tradisional, anda dapat menggunakan getah kitolod sebagai obat tetes mata. Pelajari juga: 6 Cara mengobati katarak dan mata minus secara alami

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Terapi Untuk Mengatasi Mata Minus Secara Alami"

Post a Comment