6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis

Kini sehat - Infeksi telinga atau penyakit congek pada anak pastinya membuat bunda merasa sedih. Bagaimana tidak melihat kondisi anak yang tersiksa sebab cairan nanah yang keluar dari telinganya terus-menerus. Bunda tentu bertanya, apa obat telinga bernanah yang ampuh dan aman untuk digunakan?

6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis
Penyakit congek dalam istilah medis disebut otitis media atau infeksi telinga tengah. Infeksi pada gendang telinga dapat disebabkan oleh luka karena mengorek kuping menggunakan cotton bud.

Tidak semua cairan lengket dalam telinga harus dibersihkan sampai ke dalam. Cairan lilin secara alamiah diproduksi oleh telinga, dan akan keluar karena terdorong grakan rahang.

Jika bunda ingin membersihkan kotoran telinga, cukup pada bibirnya atau bagian luar saja. Hindari juga bulu ayam dan alat pembersih berbahan logam untuk mengorek kuping, yang dapat mengakibatkan infeksi sehingga timbul bau busuk dari lubang telinga.

Gejala Penyakit Congek

Telinga bernanah dapat ditandai dengan gejala yang timbul. Beberapa gejala umum yang sering timbul akibat peradangan pada organ pendengaran ini seperti di bawah ini:

  • Telinga berdenging.
  • Keluar nanah.
  • Nyeri dan ngilu ketika penderita mendengar suara keras.
  • Konsentrasi menurun.
  • Nafsu makan berkurang secara signifikan.
  • Anak sering menjewer daun telinganya sendiri.
  • Pendengaran terganggu.
  • Demam tinggi.
  • Keseimbangan tubuh tidak terkontrol.
  • Insomnia.
  • Pendengaran berkurang.
  • Sakit kepala.
  • Radang tenggorokan.

Penyebab umum otitis media adalah cairan (sekret) yang timbul saat flu, masuk dari hidung ke telinga tengah melalui tuba eustachius. Jika cairan ini terjebak, dapat mengakibatkan infeksi pada telinga tengah.

Infeksi telinga disebabkan oleh mikro organisme seperti virus atau bakteri yang berkembang dalam telinga tengah. Infeksi pada alat dengar ini juga dapat disebabkan oleh nonallergic rhinitis. Peradangan pada kuping juga dapat terjadi akibat disfungsi saluran Eustachia. Gangguan medis ini jika berlanjut dapat mengakibatkan gendang telinga menjadi rusak.


6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis


Menurut Dr Richard Rosenfeld dari SUNY Downstate Medical Center, pengobatan infeksi telinga pada anak-anak tidak harus menggunakan obat-obatan antibiotik. Hal ini bertujuan untuk mencegah imunitas menurun. Jadi, tindakan medis dapat diambil berdasarkan diagnosis yang tepat.

Dokter spesialis THT biasanya mengambil tindakan berupa operasi kecil dan pemberian obat untuk menyembuhkan penyakit congek tersebut.

Jangan anggap remeh penyakit telinga bernanah. Jika inner ear dan middle ear dipenuhi oleh nanah dapat memecahkan gendang telinga, yang pada akhirnya menyebabkan tuli. Data WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menunjukkan lebih dari 6 juta penduduk Indonesia menderita penyakit ini.

Pengobatan secara tradisional dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Daun anggrek dan akar pinang

Obat herbal untuk telinga bernanah dapat dibuat menggunakan daun anggrek. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Tumbuk segenggam daun anggrek dan rimpang kunyit sampai lumat. Peras dua bahan alami ini, untuk diambil airnya. Gunakan sebagian airnya untuk mencuci telinga bagian luar, sisanya digunakan sebagai obat tetes telinga. Teteskan airnya ke liang telinga menggunakan akar pinang.

2. Daun pegagan

Tanaman ini bukan hanya berguna untuk menghilangkan keloid, tapi juga dapat mengobati congek. Cara membuatnya, tumbuk dan peras daun pegagan untuk diambil sarinya. Campur dengan minyak kelapa panas, tunggu agak dingin. Bersihkan telinga dengan cotton bud yang basah oleh baby oil. Terapkan sari pegagan tadi sebagai obat tetes telinga untuk mengatasi telinga bernanah.

3. Bawang putih


Bumbu dapur ini merupakan antibiotik alami, yang mampu mengobati infeksi sekaligus meredakan rasa sakit pada telinga bernanah. Cara menggunakannya dengan konsumsi secara rutin bawang putih yang masih segar.

4. Ekstrak maca dan tribulus

Ekstrak dua tanaman ini efektif untuk mengobati penyakit congek. Keduanya memiliki zat antibakteri seperti azadirachtin, yang mampu melawan infeksi di dalam telinga.

5. Teh bunga mullein

Seduh bunga mullein ke dalam secangkir air panas, tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Obat telinga bernanah ini tidak untuk diminum, tapi biarkan selama semalam. Keesokan harinya, teteskan pada lubang telinga pada penderita congek.

6. Kurma dan madu

Nutrisi dalam kurma berguna untuk meredakan gejala penyakit congek. Makan setidaknya 3 buah kurma per hari, untuk menguatkan imunitas tubuh. Sedangkan madu memiliki antibakteri kuat, yang mampu mencegah iritasi dalam telinga. Minuman alami ini juga meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga infeksi pada telinga dapat dicegah.


Tips mencegah penyakit congek


  • Hindari air masuk ke dalam telinga, jika terdapat luka di dalamnya.
  • Jangan menggunakan alat pembersih telinga yang terbuat dari logam atau benda tajam lainnya.
  • Bersihkan kotoran dalam telinga menggunakan cotton bud yang lembut, lakukan dengan hati-hati. Cukup bagian luar saja, jangan terlalu dalam.

Nah, itulah cara mengobati penyakit congek secara alami dan medis. Keuntungan pengobatan secara herbal adalah tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Namun untuk kasus otitis media yang kronis, penderita harus diobati secara medis oleh dokter spesialis THT. Mungkin anda perlu perlajari: 17 Cara Mengatasi Disentri Secara Alami Dan Cepat

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Mengobati Penyakit Congek Secara Alami Dan Medis"

Post a Comment