28 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami

Gigitan nyamuk biasanya hanya meninggalkan bekas berupa bentol di kulit, tapi terkadang area kulit menjadi hitam dan tidak mudah hilang. Bekas gigitan yang tidak segera diobati dapat merusak kecantikan kulit. Pastinya anda bertanya, adakah cara ampuh untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang berwarna hitam?


Kulit gatal akibat gigitan nyamuk
Wilayah tropis menjadi habitat yang paling disukai oleh nyamuk. Wajar saja binatang kecil ini banyak hinggap di mana-mana. Tahukah anda, bahwa bentol pada kulit disebabkan oleh zat anti-koagulan yang disuntikkan melalui mulut nyamuk. Sehingga dampaknya adalah kulit menjadi bentol.

Reaksi alergi juga dapat terjadi akibat gigitan nyamuk. Reaksi berupa rasa gatal yang akan hilang dengan sendirinya disebut reaksi lokal minor. Kondisi kulit yang bengkak, gatal, dan timbul akibat tergigit oleh nyamuk disebut reaksi lokal luas. Sedangkan alergi berat disebabkan gigitan serangga kecil ini disebut reaksi sistemik.

Reaksi anafilaksis ditandai dengan beberapa gejala seperti sesak nafas, kepala pusing, mual, jantung berdetak cepat, wajah bengkak, suara menjadi serak, dan kebingungan. Alergi seperti ini jarang terjadi. Penderita harus mendapatkan penanganan medis, ketika ia mengalami gejala tersebut.


28 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami


Ada beberapa cara untuk menghapus bekas gigitan nyamuk yang meninggalkan luka sementara maupun permanen. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengobati bekas gigitan nyamuk:

1. Buah Pare

Meskipun tumis pare rasanya pahit, tapi kaya akan manfaat kesehatan. Air pare ternyata bagus untuk mencerahkan kulit dan membuatnya makin putih. Bekas gigitan nyamuk dan luka lainnya pun dapat dipudarkan dengan sari buah pare.

Parut buah pare, peras dan saring untuk mengambil airnya. Campur dengan tepung beras, aduk hingga berubah menjadi pasta. Balurkan pada kulit yang menghitam selama semalam, bilas dengan air keesokan harinya.

2. Cuka Sari Apel


Tidak diragukan lagi tentang khasiat cuka apel untuk merawat berbagai masalah kulit. Cuka sari apel ternyata efektif untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Cukup dengan mengoleskan bahan ini pada area kulit yang bermasalah.

3. Daun Randu

Tahu kan, bahan yang digunakan untuk mengisi bantal tradisional? Ya, kapuk randu. Untuk mengobati bekas gigitan nyamuk, bukan kapuk yang digunakan, tapi daunnya. Lumatkan daun kapuk randu, balurkan pada area kulit yang menghitam.

4. Madu murni

Bahan alami yang paling banyak digunakan untuk perawatan kecantikan adalah madu. Manfaat madu untuk kecantikan kulit tidak diragukan lagi, termasuk untuk mengobati bekas gigitan nyamuk.

Campur madu murni dengan sedikit air, oleskan pada area kulit yang gelap. Jika anda melakukan perawatan ini dengan rutin, maka tidak mustahil untuk mendapatkan kulit yang mulus kembali.

5. Jus Lemon

Bekas gigitan nyamuk dapat juga disamarkan dengan menerapkan air lemon pada area kulit tersebut. Antioksidan kuat dalam cairan ini mampu mencerahkan kembali warna kulit yang gelap.

Biarkan selama ¼ jam, sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini di pagi dan sore hari selama 2 minggu berturut-turut. Anda akan melihat sendiri perubahan pada kulit.

6. Kulit Pisang atau semangka

Setelah anda makan salah satu dari buah tersebut, oleskan kulitnya pada noda hitam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

7. Minyak Pohon Teh

Salah satu bahan alami yang ampuh dalam menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah minyak pohon teh (Tea tree oil). Minyak alami ini memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengobati bengkak, nyeri, dan gatal pada kulit. Infeksi karena gigitan nyamuk dapat dicegah olehnya, karena minyak pohon teh juga bersifat antibakteri dan antivirus.

Cara menggunakan: Tuangkan 3 tetes tea tree oil ke dalam ½ cangkir air hangat. Aduk hingga merata, terapkan pada noda bekas gigitan nyamuk. Biasanya noda hitam akan memudar setelah perawatan secara teratur, dalam beberapa minggu.

8. Jus Kentang

Salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit adalah kentang. Bahan ini dapat digunakan untuk mencerahkan kembali warna kulit yang gelap karena gigitan nyamuk. Lembutkan kentang dengan blender, terapkan pada area kulit yang bermasalah.

9. Minyak Lavender

Ekstrak bunga lavender mampu mencegah peradangan, nyeri, dan infeksi akibat gigitan nyamuk. Oleskan minyak esensial ini pada bekas gigitan nyamuk, sambil memijatnya dengan lembut. Tunggu selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini setiap hari, untuk mengembalikan warna kulit anda.

10. Shea Butter

Ekstrak buah Shea banyak dikemas dalam bentuk produk kecantikan. Shea butter terbukti dapat mengurangi melanin sebesar 30 persen, pada bintik hitam di kulit. Shea butter tidak hanya efektif sebagai penghilang bekas gigitan nyamuk, tapi juga ampuh untuk menyamarkan bekas cacar (chicken pox).

11. Bawang Putih

Getah bawang putih dapat memudarkan bekas gigitan nyamuk, sekaligus untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit.

12. Putih Telur

Hilangkan bekas gigitan nyamuk dengan obat tradisional yang mudah ditemukan di sekitar kita. Pisahkan putih telur dari bagian kuning, campur dengan sedikit madu. Gunakan bola kapas untuk menerapkan bahan ini pada kulit anda. Putih telur juga baik untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

13. Pasta Gigi

Oleskan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih pada area kulit yang digigit oleh nyamuk. Tunggu selama 30 menit, sebelum anda menggunakan air hangat untuk membilasnya.

14. Lobak

Cara menggunakan penghilang noda akibat gigitan nyamuk: Potong-potong lobak, rendam ke dalam minuman susu selama 20 menit. Gosok-gosokkan pada area hitam akibat gigitan nyamuk di kulit anda, sambil pijat dengan lembut.

15. Minyak Vitamin E

Cara menggunakan suplemen vitamin E sebagai penghilang bekas gigitan nyamuk dengan menerapkannya secara langsung pada area kulit yang bermasalah, serta dikonsumsi secara teratur.

16. Beras putih

Bintik hitam akibat gigitan nyamuk dapat juga dihilangkan menggunakan beras putih. Rendam beras dalam air selama ¼ jam, kemudian tumbuk bersama satu rimpang kencur sampai lembut. Balurkan krim ini pada jaringan parut di kulit, biarkan selama setengah jam sebelum dicuci.

17. Obat Kumur

Campur obat kumur dengan sedikit air, cuci bekas gigitan nyamuk dengannya. Jika anda tidak mencampur obat kumur ini dengan air, mungkin anda tidak kuat terhadap efek panas dari larutan ini.

18. Bengkoang

Masker bengkoang tidak hanya efektif sebagai pemutih wajah saja, tapi juga bekerja dengan baik untuk mencerahkan kulit yang berwarna gelap akibat gigitan nyamuk. Haluskan bengkoang dengan juicer, sebelum diterapkan pada bagian kulit yang hitam.

19. Teh Hijau

Bukan sekedar minuman sehat, tapi teh hijau juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Salah satunya untuk mengatasi bengkak akibat gigitan nyamuk. Sifat antioksidan dan antiseptik di dalam minuman ini efektif untuk mengobati infeksi, rasa gatal, dan ruam di kulit.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Aplikasikan kantong teh pada kulit yang digigit nyamuk. Pastikan kantong teh sudah direndam dalam air panas sebelumnya.

20. Pepaya dan lemon

Masker pepaya yang dicampur dengan jus lemon, dapat berguna untuk menghilangkan bekas luka akibat gigitan nyamuk. Pilih buah pepaya yang masih muda, karena enzim papain di dalamnya lebih melimpah.

21. Oatmeal

Bukan hanya baik sebagai menu sarapan yang menyehatkan tubuh dan jantung, tapi oatmeal juga bagus untuk mencerahkan kulit anda. Tidak perlu repot, santap saja oatmeal di pagi hari. Sisakan sebagian, untuk diaplikasikan pada area kulit bekas gigitan nyamuk. Lakukan perawatan ini di malam hari secara rutin.

22. Baking Soda

Bahan kue ini ampuh juga untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Campur baking soda dan air, dengan perbandingan 1:3. Rendam kulit yang menghitam ke dalam larutan ini.

23. Tepung Beras

Untuk menghapus bekas gigitan nyamuk, anda perlu menyiapkan tepung beras dan vinegar. Campur dua bahan ini hingga berbentuk krim kental. Aplikasikan krim ini pada area kulit yang berwarna hitam akibat tergigit nyamuk. Tunggu krim menjadi kering, kemudian bilas dengan air bersih.

24. Tomat

Bintik hitam akibat gigitan nyamuk juga dapat dihilangkan dengan menerapkan jus tomat. Lakukan dengan teratur, untuk hasil maksimal.

25. Es batu

Untuk meredakan pembengkakan pada kulit yang digigit nyamuk, tempelkan es batu selama 10 menit. Untuk memudahkan anda melakukannya, bungkus es batu dengan kain bersih sebelum diterapkan pada kulit.

26. Lidah Buaya

Untuk mencerahkan warna kulit yang menghitam akibat gigitan nyamuk, terapkan gel lidah buaya pada area kulit tersebut. Pijat lembut kulit anda. Lakukan perawatan ini sebelum tidur malam, basuh kulit anda keesokan harinya.

27. Bawang Merah

Parut bawang merah hingga lembut, aplikasikan pada kulit yang bopeng. Biarkan selama 25 menit, cuci kulit anda setelah perawatan ini. Bawang merah juga efektif untuk mengatasi keloid, bisul, dan luka bakar. Lainnya: 11 Cara Cepat Menghilangkan Keloid


Pertolongan pertama pada anak yang digigit nyamuk


28. krim antihistamin

Terapkan krim yang mengandung antihistamin pada kulitnya, untuk mencegah alergi gatal-gatal pada kulit ataupun reaksi alergi lainnya.


28 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami

Hindari menggaruk bekas gigitan nyamuk menggunakan kuku. Tindakan ini dapat menimbulkan infeksi pada kulit. Gunakan salah satu bahan alami di atas, untuk menghilangkan rasa gatal di kulit.

Nah, itulah 28 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk secara alami. Cobalah menggunakan salah satu bahan alami yang disebutkan di atas, untuk mengatasi masalah kecantikan ini. Simak juga: 11 Cara Cepat Menghilangkan Komedo di Wajah

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "28 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami"

Post a Comment