15 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami Tanpa Kerokan

Cuaca dingin terutama di musim penghujan rentan dengan penyakit ringan seperti flu dan masuk angin. Gangguan kesehatan tersebut lebih berpeluang untuk menyerang mereka yang punya daya tahan tubuh yang rendah. Sayangnya, banyak orang mengobati masuk angin atau perut kembung dengan cara yang kurang tepat.

Gejala masuk angin
Sebenarnya, masuk angin tidak dikenal dalam istilah medis. Kondisi medis ini ditandai dengan demam dan panas, sakit kepala, tubuh meriang, otot terasa pegal-pegal, mual, dan perut kembung. Gejala lain yang ditimbulkan olehnya termasuk sendawa secara terus-menerus, sering buang angin, dan diare.

Selain imunitas yang rendah, penyakit ini lebih mudah menyerang pada mereka yang kurang tidur, kurang makan, begadang hingga larut malam, ataupun kehujanan.

Sebagian orang terbiasa mengatasi masuk angin menggunkan metode tradisional, yaitu dengan kerokan. Cara ini mungkin efektif untuk menyembahkan masuk angin. Namun, metode kerokan dapat merugikan kesehatan tubuh. Justru kekebalan tubuh akan menurun dengan kebiasaan ini.


15 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami Tanpa Kerokan


Ada beberapa cara tradisional yang efektif untuk mengobati masuk angin, tanpa kerokan. Berikut ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masuk angin:

1. Wedang jahe

Untuk meredakan perut kembung akibat masuk angin, salah satu caranya dengan minum wedang jahe. Minuman ini akan menghangatkan tubuh anda, sehingga tubuh berkeringat.

Pertama, parut satu rimpang jahe berukuran sedang. Seduh bersama segelas air panas, biarkan selama 5 menit. Tiriskan airnya, campur dengan teh hijau dan gula batu. Minum airnya selagi hangat. Dengan cara ini, masuk angin biasanya akan sembuh dalam waktu singkat.

2. Minyak kayu putih


Hidung tersumbat dan perut kembung dapat diredakan dengan penggunaan minyak kayu putih. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari minyak alami ini mampu meredakan perut kembung karena masuk angin.

Caranya, oleskan minyak kayu putih pada perut dan area sekitar leher anda. Lakukan pijatan lembut di belakang leher dan pelipis anda.

3. Ubi merah

Mungkin sulit bagi anda untuk mendapatkan ubi merah. Tapi nyatanya, makanan ini efektif untuk mengusir masuk angin.

Cara membuat ramuan: Setelah kulitnya dikupas, rebus ubi merah dan bahan alami lainnya seperti 8 butir merica, jahe merah, 8 butir kapulaga, secuil kayu manis, sepotong gula merah, dan 4 biji cengkeh. Biarkan airnya mendidih beberapa saat, kemudian saring. Minum air rebusan 7 bahan alami ini saat masih hangat.

4. Bawang merah dan putih

Salah satu obat tradisional untuk mengatasi masuk angin adalah bawang putih dan merah. Untuk anak-anak, bawang merah digerus kemudian dioleskan pada perut dan bawah leher. Efeknya akan membuat tubuh si kecil lebih hangat dan aliran darah pun makin lancar.

Sedangkan untuk mengatasi masuk angin pada orang tua, dengan makan bawang putih yang masih mentah (belum dimasak). Senyawa alicin yang ada dalam rempah ini bertindak sebagai antioksidan dan antibiotik alami.

5. Sup ayam pedas

Penderita masuk angin biasanya tidak doyan makan. Rasa mual menyebabkan selera makan menurun. Sup ayam yang pedas dapat menjadi makanan tepat saat kondisi tubuh seperti itu. Dengan menambahkan lada atau merica, akan membuat sup makin pedas. Tubuh penderita pun akan berkeringat, sehingga masuk angin sembuh secara berangsur.

6. Daun pepaya

Untuk menyembuhkan masuk angin secara tradisional, daun pepaya dapat menjadi obat alternatif. Meskipun rasanya pahit, tapi sangat efektif sebagai obat perut kembung.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Ambil 5 lembar daun pepaya gantung, tumbuk dan peras untuk mengambil airnya. Rebus airnya sampai mendidih, minum saat air masih hangat. Anda dapat menambahkan sedikit garam, untuk mengurangi rasa pahitnya. Lebih lengkap: 12 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan

7. Buah yang kaya vitamin C

Daya tahan tubuh yang lemah pada penderita masuk angin, dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Penderita sebaiknya makan buah tersebut, saat gejala awal mulai menyerang.

Untuk sumber vitamin C alami, dapat anda peroleh dari buah kiwi, jambu biji, jeruk, dan lainnya. Cukupi kebutuhan vitamin C harian anda, untuk menjaga kekebalan tubuh.

8. Air lemon dan madu

Obat masuk angin ini cocok bagi anda yang tidak menyukai rasa pahit. Campuran air lemon dan madu berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Caranya, peras lemon kemudian seduh bersama segelas teh hangat dan madu murni. Habiskan minuman ini sebelum tidur.

9. Perbanyak minum air hangat

Hindari minuman es, terutama saat cuaca tidak menentu. Akan lebih baik bagi anda, untuk lebih banyak minum air hangat. Tubuh anda akan mengeluarkan banyak keringat, sehingga masuk angin sembuh lebih cepat.

10. Perbanyak waktu istirahat

Jangan paksakan diri anda untuk tetap bekerja, saat tubuh merasa lelah. Hindari begadang di malam hari, cukupi waktu tidur. Untuk menjaga kondisi tubuh, setidaknya anda butuh 8 jam untuk tidur malam.


Tips mencegah masuk angin saat cuaca dingin


Untuk menghindari gangguan kesehatan ini menyerang anda, berikut ini tips yang dapat anda lakukan:

11. Perbanyak asupan kalori, supaya tubuh tetap hangat.
12. Pakailah jaket saat anda berkendara menggunakan motor.
13. Kenakan syal di leher anda, ketika anda berada di luar ruangan saat malam hari. Pada sebagian orang, leher merupakan area kulit yang tidak kuat terhadap udara dingin.
14. Jauhi nikotin dan kurangi minuman berkafein. Keduanya dapat membuat pembuluh darah makin sempit, sehingga tubuh lebih mudah merasa kedinginan.
15. Cukupi kebutuhan tubuh akan air. Dehidrasi juga rentan dengan risiko terkena penyakit ringan.

Nah, itulah 15 cara alami untuk mengobati masuk angin tanpa kerokan. Jika penyakit anda tidak segera sembuh, segera konsultasi dengan dokter. Tahukah anda: 12 Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Cepat

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami Tanpa Kerokan"

Post a Comment