22 Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Kini sehat - Sedekat apa anda dengan waluh? Seringkah anda makan buah labu kuning, atau hanya saat buka puasa saja? Ya, buah bertekstur lembut ini memang kerap diolah menjadi kolak sebagai menu berbuka. Jangan salah, ternyata di balik rasanya yang lezat, labu kuning menyimpan segudang manfaat kesehatan.

Waluh dapat disantap bersama es buah, atau diolah menjadi gethuk dan roti. Bukan sekedar sebagai minuman segar saja, tapi labu kuning ini berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di antara khasiat labu kuning seperti; mengatasi sembelit, penambah darah, hingga pencegah kanker.


Khasiat Waluh Bagi Kesehatan
Apa saja kandungan labu kuning?

Cukup mengejutkan nutrisi yang terkandung dalam buah waluh. Beberapa nutrisi gizi yang terdapat dalam labu kuning termasuk vitamin A, tiamin, vitamin E, niasin, vitamin K, asam patoneat, vitamin B6, lutein, riboflavin, zeaxanthin, dan folat.

Tidak itu saja, labu kuning juga mengandung betakaroten, protein, kalori, dan lemak. Buah unik ini juga dilengkapi dengan berbagai mineral penting, seperti kalsium, tembaga, fosfor, kalium, zat besi, zinc, dan natrium. Karbohidrat turut hadir di dalamnya.


22 Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan Juga Kecantikan


Cobalah untuk mencintai buah waluh, karena nutrisi di dalamnya sangat efektif untuk menjaga tubuh anda dari berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat waluh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ringan dan berat:

1. Cegah sembelit

Salah satu masalah kesehatan akibat kurang serat adalah sembelit. Meski bukan itu saja penyebabnya. Gangguan pencernaan ini dapat berlanjut lebih serius seperti wasir, jika dibiarkan tanpa pengobatan dan mengubah pola makan.

Labu kuning termasuk buah yang kaya akan serat, dimana serat pangan di dalamnya berguna untuk melancarkan pencernaan. Manfaat yang paling terasa adalah sekresi feses yang lancar. Selengkapnya: 7 Cara Mengobati Sembelit Secara Alami

2. Mencegah katarak

Waluh kaya akan beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein. Ketiga senyawa ini berguna untuk menjaga kesehatan mata. Asupan yang memadai akan membuat mata anda terhindar dari katarak dan degenerasi macula, yang sering menyebabkan kebutaan.

Seiiring perubahan usia, lensa mata pada orang tua biasanya makin keruh. Rawatlah kesehatan mata anda, dengan mengasup buah yang mengandung pro vitamin A. SAlah satunya adalah waluh. Lebih lengkap: 6 Cara Alami Mengobati Katarak Dan Minus

3. Mencegah risiko stroke

Dengan mengkonsumsi labu kuning secara teratur, maka kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol. Kandungan dalam buah ini akan membuyarkan endapan pada dinding arteri, sehingga risiko terkena stroke dapat ditekan. Lebih jauh: 7 Pantangan Bagi Penderita Stroke

4. Mencegah dampak radikal bebas


Labu kuning juga mengandung senyawa anti oksidan yang berlimpah. Oksidan yang berkeliaran di sekitar anda, dapat menimbulkan risiko yang berbahaya bagi tubuh. Lindungi tubuh anda darinya, dengan rutin mengkonsumsi makanan atau buah yang kaya antioksidan.

5. Sebagai sumber energi

Waluh mengandung gula, yang dapat diubah menjadi energi bagi tubuh. Jadi, sangat tepat untuk makan kolak, setelah anda kehilangan energi seharian.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi merupakan salah satu penyakit degenerative, yang pada umumnya diderita oleh orang tua atau wanita di masa menopause. Cegah darah tinggi, dengan teratur makan buah labu kuning. Kalium di dalamnya mampu mengontrol tekanan darah anda. Pelajari juga: Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi

7. Mengobati cacingan

Labu kuning merupakan salah satu obat cacingan, dari bahan alami. Minum perasan buahnya, atau jus waluh untuk mengatasi cacingan pada anak-anak.

8. Pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat dan sehat

Buah waluh kaya akan kalsium dan fosfor, yang dibutuhkan untuk pembentukan struktur tulang yang kuat. Hal ini terutama pada anak di masa pertumbuhan, serta manula di usia senja.

Mineral zinc yang terdapat di dalam labu kuning berguna untuk meningkatkan massa tulang, serta mencegah gejala tulang keropos (osteoporosis).

9. Membantu mencegah stres

Labu kuning dilengkapi dengan magnesium, yang berguna untuk membuat syaraf anda lebih tenang tidak tegang. Perlu dibaca: 10 Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

10. Mencegah kanker

Betakaroten dalam waluh memiliki sifat antioksidan kuat, yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Lihat saja warna buahnya yang oranye menyala. Perlu anda tahu, bahwa penderita kanker tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan.

11. Melancarkan saluran ureter

Biji labu kuning mengandung asam lemak dan ster0l, yang efektif dalam membantu fungsi ureter. Ini berarti, makanan alami ini cocok dikonsumsi penderita kandung kemih atau saluran kencing.

12. Mencegah peradangan tubuh

Betakaroten dalam labu kuning juga bersifat anti-inflamasi, yang efektif untuk mencegah risiko pembengkakan pada organ tubuh.

13. Meningkatkan metabolisme

Kalium dalam labu kuning ternyata sangat bagus untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh kita. Mineral ini akan menjaga keseimbangan pH cairan dalam sel tubuh.

14. Membantu menambah darah bagi penderita anemia

Zat besi dalam labu kuning dibutuhkan untuk proses pembentukan sel darah merah (eritrosit). Sumber zat besi juga ditemukan pada bayam, hati ayam, kuning telur, tomat, dan tiram. Lebih lengkap: 19 Makanan Penambah Darah Bagi Penderita Anemia

15. Meredakan sakit kepala

Biji waluh memiliki sifat anti inflamasi, yang membantu dalam mengurangi rasa sakit kepala yang diderita oleh seseorang.

16. Baik untuk bayi berumur 6 bulan ke atas

Tekstur waluh yang lembut, sangat mudah dicerna oleh usus. Bahkan untuk bayi berusia 6 bulan, makanan ini aman diberikan.

17. Baik untuk ginjal

Biji waluh yang dikonsumsi setiap seminggu sekali, dapat membantu untuk melarutkan batu ginjal.

18. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebagaimana anda tahu, vitamin C sebagai antioksidan pastinya berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, proliferasi limfosit limpa akan bekerja secara optimal untuk mematikan sel racun.

19. Menyehatkan jantung

Biji labu kuning merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

20. Mengontrol gula darah

Mungkin anda bertanya, apakah gula dalam labu kuning tidak berbahaya bagi penderita diabetes? Waluh memang mengandung gula, tapi tergolong ke dalam rantai disakarida yang aman bagi tubuh. Bahkan mengontrol kadar gula bagi mereka yang rentan dengan diabetes.


Manfaat Labu Kuning Untuk Kecantikan


21. Anti penuaan dini

Ingin awet muda dan terhindar dari penuaan dini? Usaha terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan perbanyak asupan buah yang mengandung vitamin E. Waluh kaya akan vitamin E, dan senyawa karotenoid yang ditandai dengan warna orange pada buah ini. Senyawa ini efektif dalam mencegah penuaan dini.

22. Mengontrol berat badan

Tingginya serat dalam waluh, baik untuk pelaku diet untuk menurunkan berat badan mereka. Simak juga: 17 Manfaat Buah Bligo Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Nah, itulah 22 manfaat labu kuning untuk kesehatan dan kecantikan. Anda tentunya tidak sulit untuk menemukan buah ini di pasar modern maupun tradisional. Harganya pun relatif murah, sehingga terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Semoga artikel ini membuat anda sadar akan pentingnya buah-buahan dalam hidup kita. Ingat manfaat di dalamnya, maka anda akan mudah untuk mencintai buahnya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "22 Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan Juga Kecantikan"

Post a Comment