Cara Mudah Memakai Dan Melepas Softlens Untuk Pemula

Fungsi softlens atau lensa kontak untuk membantu penglihatan yang kurang bagus. Namun, kini softlens banyak digunakan sebagai trend fashion. Banyak wanita memakai lensa kontak untuk membuat mata lebih indah, sehingga wajah pun terlihat cantik dan menarik.

Wanita pakai lensa kontak
Sayangnya, banyak wanita belum mengerti bagaimana cara memakai softlens supaya mata tidak perih. Jika anda ingin menggunakan lensa kontak, maka anda harus tahu caranya yang benar. Mengingat mata merupakan organ yang sangat sensitif terhadap benda asing.

Penggunaan softlens yang salah dapat berbahaya bagi mata, bahkan bisa berakibat fatal. Baca artikel sebelumnya: 6 Terapi Mengatasi Mata Minus Secara Alami

Memasang softlens pada mata, dapat anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, sekali lagi anda harus benar-benar tahu langkahnya supaya aman dan nyaman.


Cara Mudah Memakai Dan Melepas Softlens Untuk Pemula


Tidak perlu takut atau khawatir, mata anda mengalami iritasi dan perih saat memakai softlens. Langkah-langkahnya tidaklah sesulit yang dibayangkan para pemula. Nah, berikut ini caranya:


  1. Pertama, tangan anda harus bersih dari kotoran apapun termasuk bedak, lotion, dan lainnya. Cuci menggunakan sabun antiseptic dan air bersih yang mengalir.
  2. Langkah berikutnya, keringkan tangan anda dengan handuk bersih. Jangan menyentuh softlens dengan tangan yang kotor.
  3. Rendam lensa kontak dalam cairan khusus softlens, ambil dan bersihkan dengan cairan pembersih khusus. Bersihkan kedua sisinya dengan hati-hati, supaya lensa tidak lecet.
  4. Ambil lensa kontak menggunakan telunjuk kanan, pasang pada mata kiri. Lakukan juga sebaliknya pada mata kanan. Angkat kelopak mata ke atas, saat memasangnya. Buka kelopak mata anda, seolah memandang ke arah atas.
  5. Pasang softlens dengan pelan, tenang, dan perlahan.
  6. Goyangkan dengan perlahan softlens menggunakan jari telunjuk, sehingga posisinya tepat dan nyaman.
  7. Kedipkan mata anda setidaknya lima kali, sehingga posisi lensa kontak benar-benar menempati bola mata dengan benar.

Cara Melepas Softlens Yang Benar


Meskipun terdengar sepele, melepas softlens bisa menjadi masalah tersendiri bagi pemula. Mintalah petunjuk dari orang yang telah terbiasa melakukannya. Namun, cara melepas lensa kontak sebenarnya tidaklah rumit. Anda dapat melakukannya sendiri, tanpa minta bantuan teman.

Nah, simak dengan seksama cara yang benar dalam melepas softlens berikut ini:

  1. Sebelum menyentuh softlens, gunakan sabun antiseptik kemudian keringkan dengan handuk.
  2. Menghadaplah ke cermin, untuk memudahkan mengetahui posisi lensa kontak.
  3. Gunakan lubricant, yaitu cairan lensa mata. Terapkan pada mata, jika terasa kering.
  4. Tarik kelopak mata ke atas dan ke bawah menggunakan telunjuk kiri dan jari tengah. Ambil softlens menggunakan jempol dan telunjuk kanan. Lakukan dengan lembut dan hati-hati.
  5. Letakkan lensa kontak yang berhasil dilepas dari mata, ke kotak penyimpanan.

Penting bagi pengguna softlens


  • Jaga kelembaban mata anda saat memakai softlens. Jangan memakainya saat tidur, karena mata yang kering dapat menyebabkan iritasi.
  • Jangan menggunakan lensa kontak yang cacat. Segera ganti dengan softlens baru.
  • Untuk mencegah perih dan iritasi pada mata, gunakan obat tetes mata khusus pengguna softlens.
  • Lepas softlens saat mandi atau berenang. Kuman dapat terjebak dalam bola mata anda, jika anda tetap memakai lensa saat berenang. Lebih baik dilepas, daripada terkena risiko infeksi dan kebutaan.
  • Pilih softlens yang berkualitas, jangan beli berdasarkan harganya yang murah. Baca review dari para pembeli yang sudah menggunakannya.
  • Hindari pemakaian softlens lebih dari delapan jam, untuk mencegah perkembangan bakteri. Ganti lensa kontak yang sudah kadaluwarsa, biasanya 6 hingga 12 bulan.
  • Pakailah kacamata biasa, sebagai pelindung mata ketika anda berada di tempat berdebu. Akan lebih baik, jika anda menghindar dari tempat berdebu.
  • Konsultasi dengan dokter spesialis mata. Sebagian orang alergi terhadap bahan softlens. Sehingga akan mencegah kerusakan mata.

Nah, itulah cara memakai dan melepas softlens yang benar. Lensa kontak mungkin sangat membantu bagi penderita mata minus, disebabkan lebih praktis daripada kacamata minus. Namun, sebaiknya anda bijak dalam menentukan kapan memakainya, kapan melepasnya. Semoga bermanfaat. Simak juga: Manfaat Takokak Untuk Obati Mata Minus Dan 14 Penyakit Lain

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Cara Mudah Memakai Dan Melepas Softlens Untuk Pemula"

Post a Comment