15 Manfaat Mengunyah Permen Karet Yang Tidak Terduga

Kebiasaan mengunyah permen karet sering dianggap kurang baik bagi kesehatan gigi dan gusi. Hal ini disebabkan gula yang terkandung di dalamnya, seperti pada permen lainnya. Makanan ringan yang rasanya manis dan teksturnya yang kenyal ini sebenarnya memiliki manfaat kesehatan, jika anda memilih permen dengan bahan tanpa gula.

Khasiat Permen Karet
Gelembung yang dapat ditiup setelah mengunyah permen karet, menjadi ciri khas sekaligus kesenangan tersendiri bagi seseorang yang mengunyahnya. Makin besar gelembung yang mampu dibuat, makin puas orang yang membuatnya.

Nah, untuk mencegah kerusakan gigi akibat mengunyah permen karet, pilih permen yang bebas gula atau tidak lebih dari 5 kalori yang dikandungnya. Dengan begitu, tidak ada gula yang melekat dan tersisa di sela-sela gigi anda. Jadi, apa khasiat positif dari mengunyah permen karet?


15 Manfaat Mengunyah Permen Karet Yang Tidak Terduga


1. Menguatkan gigi dan gusi

Permen karet yang mengandung kalsium dan fluoride, dapat menjadi cemilan sehat yang menguatkan gigi anda. Seperti halnya pasta gigi berbahan fluoride, gigi dan gusi pun menjadi kuat karenanya.

2. Mencegah gigi berlubang


Mengunyah permen karet tanpa rasa sangat disarankan oleh American Dental Association terutama 20 menit setelah makan. Kebiasaan tersebut mampu mencegah karang gigi, gigi berlubang, radang gusi, serta melindungi enamel gigi.

Hal ini disebabkan produksi air liur yang meningkat setelah makan permen karet, sehingga zat asam penyebab gigi keropos akan berkurang. Pastikan permen karet yang dikunyah tanpa gula dan mengandung xylitol, yang mampu mengurangi bakteri penyebab gigi keropos. Permen berbahan gula justru meningkatkan kadar zat asam dalam mulut anda.

3. Mencegah stres, cemas, dan gelisah

Dengan menggigit kuku saat bengong, akan berdampak buruk bagi fikiran dan suasana hati seseorang. Berbeda dengan mengunyah permen karet, yang akan membuat fikiran menjadi rileks dan tenang.

Kegiatan santai seperti mengunyah permen karet dapat menurunkan kadar kortisol, yakni hormon pemicu stres. Saat anda gugup, cemas dan depresi, cobalah kunyah permen karet.

Lainnya: 11 Makanan Yang Ampuh Memperbaiki Mood

4. Menghilangkan bau mulut

Meningkatnya produksi air liur karena mengunyah permen karet, tentu saja akan mencegah bau mulut dan infeksi akibat sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi. Air liur mengandung zat antibakteri, makin melimpah makin baik untuk membilas bakteri di mulut.

Lebih lengkap: 14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

5. Memutihkan gigi

Kunyah permen karet yang mengandung bahan pemutih gigi, sehingga gigi anda akan terlihat lebih bersih dan cerah bersinar.

6. Mencegah rasa mual

Ibu hamil yang menderita morning sickness tentunya merasakan tidak nyaman. Rasa mual tersebut dapat diatasi dengan mengunyah permen karet yang memiliki rasa herbal. Untuk menenangkan perut yang mual, pilih permen karet rasa jahe.

7. Baik untuk program diet

Bagi pelaku diet untuk menurunkan berat badan, mengunyah permen karet merupakan salah satu cara efektif yang membantu suksesnya program diet. Pasalnya, rasa lapar akan tertunda dengan mengunyah permen karet berulang-ulang.

8. Mengobati sakit telinga saat berkendara

Pernahkan telinga anda merasa sakit dan tidak dapat mendengar, setelah berkendara sekian jauh? Gangguan dengar tersebut dapat diatasi dengan mengunyah permen karet. Gerakan menelan secara berulang-ulang akan menyamakan tekanan udara dalam telinga.

9. Menajamkan daya ingat dan konsentrasi

Tidak kurang studi yang meneliti tentang naiknya kinerja mental seseorang, dengan mengunyah permen karet. Bahkan, konsentrasi, kecepatan reaksi dan daya ingat dapat meningkat secara signifikan setelah makan permen karet. Konsentrasi yang baik akan mencegah kecelakaan saat berkendara, serta mencegah efek hipnotis. Hal ini disebabkan oleh lancarnya aliran darah ke otak, saat gigi-gigi mengunyah.

10. Membakar kalori

Otot-otot mulut akan terus bekerja, ketika seseorang mengunyah permen karet. Dampak positifnya adalah kalori akan terbakar, sehingga terhindar dari kelebihan kalori.

11. Menyehatkan jantung

Mengunyah permen bukan hanya mencegah bengong saja. Aliran darah yang lancar juga menyebabkan jantung dapat memompa darah dengan ringan.


manfaat permen karet untuk kesehatan
12. Mengatasi mulut kering

Rasa tidak nyaman pastinya terjadi saat mulut anda terasa kering. Dengan mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat hingga 10 kali lipat. Sehingga kondisi mulut kering dapat diatasi.

13. Baik untuk sistem cerna

Pencernaan menjadi lancar, dengan cara mengunyah permen karet setelah makan. Pasalnya, produksi air liur yang berlimpah akan mengurangi kadar asam di lambung. Kadar asam lambung yang tidak terlalu tinggi, akan mencegah seseorang terkena masalah lambung seperti penyakit maag.

14. Mencerahkan wajah

Aliran darah ke wajah anda akan menjadi lancar, dengan gerakan mengunyah secara berulang. Sehingga wajah terlihat lebih cerah, tidak pucat.

15. Membantu hentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan mengonsumsi zat stimulan adiktif, seperti kafein maupun nikotin dapat diminimalisir dengan mengunyah permen karet. Selain keinginan untuk ngemil cemilan berkurang, seseorang yang rutin makan permen karet akan menghentikan kebiasaan buruk mereka. Simak juga artikel menarik ini: 4 Cara Mengatasi Duri Ikan Yang Nyangkut di Tenggorokan

Nah, itulah 15 manfaat mengunyah permen karet yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Namun, pastikan anda memilih bahan yang tidak mengandung gula. Satu lagi, kunyahlah permen dengan memperhatikan etika di tempat umum. Semoga makin sehat dan bugar.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Manfaat Mengunyah Permen Karet Yang Tidak Terduga"

Post a Comment