Ketahui, 14 Penyebab Kanker Mata dan Cara Mencegahnya!

Meskipun penyakit kanker mata merupakan salah satu kasus yang sangat jarang terjadi, namun anda perlu waspada dan hati-hati. Karena kasus ini tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik saja. Gaya hidup yang tidak sehat maupun pola makan pun dapat mejadi faktor penyebab kanker di mata.

Cara Mencegah Kanker mata
Sebelum mengetahui apa saja penyebab kanker di mata, perlu anda tahu bahwa penyakit ini dapat menyerang anak-anak dan orang tua. Jenis kanker ini dapat menyerang kelopak mata, tapi juga dapat menyerang organ dalam, atau disebut dengan kanker intraokular.

Retinoblastoma merupakan kanker yang pada awalnya menyerang retina, dan sering dialami oleh anak-anak. Berbeda dengan kanker intraocular, yang pada umumnya menyerang orang tua seperti halnya limfoma dan melanoma. Untuk itulah, anda perlu mengetahui penyebab kanker di mata. Sehingga penyakit ini dapat dicegah sejak dini.


Ketahui, 14 Penyebab Kanker Mata dan Cara Mencegahnya!


Nah, apa saja sih faktor penyebab kanker mata? Berikut ini faktor pemicu yang sering terjadi:

1. Kelainan genetik

Waspadai tahi lalat yang berkembang banyak di kulit, bisa jadi kondisi itu merupakan melanoma. Periksakan ke dokter kulit, jika muncul bintik hitam dan benjolan.

2. Keseringan menggunakan Sunbed


Banyak orang ingin memiliki kulit berwarna coklat atau sawo matang. Aneh memang, sebagian orang ingin memiliki kulit putih bersinar, sedangkan lainnya ingin berkulit gelap. Sayangnya, sebagian orang malas untuk berjemur di bawah sinar matahari. Mereka memilih cara instan dengan memakai Sunbed.

Meskipun praktis, nyatanya cara ini dapat berakibat fatal. Penggunaan sunbed secara terus-menerus, dapat memicu timbulnya kanker kulit dan melanoma (kanker mata). Hal ini disebabkan oleh radiasi UV, yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

3. Paparan sinar matahari

Bukan hanya memicu risiko kanker kulit melanoma, paparan sinar matahari ternyata memiliki peluang sebagai penyebab kanker melanoma mata. Meskipun kemungkinannya sangat kecil. Bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan pelindung kacamata pelindung, juga sunblock.

4. Warna kulit

Melanoma lebih banyak terjadi pada orang berkulit putih, jarang dialami oleh mereka berkulit hitam.

5. Faktor pekerjaan

Profesi tertentu seperti tukang las, lebih rentan terkena kanker mata daripada mereka yang tidak bekerja di tempat yang sama. Hal ini disebabkan oleh paparan UV dari alat las yang berbahaya. Jadi, pastikan anda menggunakan kacamata pelindung saat bekerja.

6. Warna kelopak mata

Faktor risiko kanker mata yang lain adalah warna mata yang terlalu terang, seperti hijau, abu-abu, ataupun biru.

7. Munculnya bintik-bintik coklat

Melanoma mata ditandai juga dengan munculnya flek coklat pada iris mata. Jika pada kulit wajah banyak timbul bintik coklat, mungkin saja kondisi tersebut merupakan indikasi adanya kanker mata.

8. Faktor usia

Risiko kanker mata makin meningkat seiiring naiknya usia seseorang. Lakukan check up dengan teratur, ketika usia anda menginjak 50 tahun.

9. Infeksi HIV AIDS

Seorang pengidap HIV lebih rentan terkena kanker mata sel skuamosa. Daya tahan tubuh yang rendah berakibat mudahnya virus menyerang mata.

10. Faktor gender

Kasus melanoma mata lebih sering ditemukan pada pria, dibandingkan dengan wanita. Risiko makin meningkat pada pria tua.

11. Obat-obatan jenis tertentu

Beberapa jenis obat dapat menurunkan daya tahan tubuh. Salah satunya obat yang biasa dikonsumsi oleh pasien transplantasi organ. Daya tahan tubuh yang menurun akan mengakibatkan risiko karsinoma sel skuamosa mata makin meningkat. Jadi, pasien diharuskan untuk konsultasi dengan dokter, sebelum menggunakan obat tertentu.

12. Sindrom kanker turunan

Anda akan memiliki risiko tinggi melanoma uveal ataupun melanoma kulit, jika kakek atau orang tua anda mengidap kanker tersebut. Meskipun kondisi tersebut cukup langka. Periksakan ke dokter spesialis, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Sehingga anda dapat mencegah kanker mata.

13. Penggunaan lensa kontak

Tidak jarang orang memakai lensa kontak dengan alasan lebih praktis, ataupun sekedar menambah kecantikan. Sayangnya, pemakaian lensa kontak yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kanker mata.

Penggunaan contact lens terlalu lama akan membuat mata sulit bernafas. Mata butuh dara bersih dan kelembaban yang memadai, sehingga pemakaian lensa kontak seharusnya tidak dianjurkan terlalu sering.

Baca lainnya: Cara Memakai Dan Melepas Softlens Untuk Pemula

14. HPV (Human Papilloma Virus)

Virus ini mampu memicu terjadinya kanker mata sel skuamosa, meskipun kemungkinan itu tidak terlalu tinggi. Risiko kanker mata akan meningkat, dengan adanya faktor penyebab lainnya. Jadi HPV meingkatkan risiko tersebut.

Cara mencegah kanker mata

Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga, karena mata merupakan jendela dunia. Untuk itulah, kita perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari risiko kanker mata. Berikut upaya pencegahan yang dapat kita lakukan:

Jaga kebersihan tubuh

Pastikan tangan anda bersih, saat hendak mengucek mata anda. Mungkin saja tangan anda dipenuhi kuman setelah beraktivitas ataupun menyentuh sebuah benda. Jangan sampai bakteri berpindah ke mata anda.

Periksakan ke dokter mata

Jika anda merasakan adanya gejala kanker mata, sebaiknya segera temui dokter mata. Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti tes laboratorium, hingga CT Fundus pada kepala pasien.

Gunakan kacamata hitam saat berada di bawah terik matahari

Potensi kanker mata dapat meningkat akibat paparan sinar UV yang berasal dari sinar matahari. Demikian pula dengan paparan debu yang berterbangan. Jadi, lindungi mata anda dengan memakai kacamata hitam, atau kacamata bening untuk pengendara motor.

Atur pola makan

Hindari pola makan yang buruk, perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan dan vitamin A. Penuhi menu harian anda dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Tidak ada salahnya untuk menyukai wortel mulai hari ini.

Hindari pemakaian lensa kontak secara terus - menerus

Pertimbangkan dengan bijak, apakah lensa kontak harus anda kenakan ataukah tidak pada sebuah acara yang ingin dihadiri. Jika tujuannya sebagai pengganti kacamata minus, sebaiknya anda berfikir puluhan kali.

Tahukah anda: 9 Penyakit Degeneratif Dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah 14 penyebab kanker mata yang perlu diwaspadai. Cegah dengan mengikuti langkah-langkah di atas, karena mata merupakan organ penting yang tiada ternilai harganya. Semoga tetap sehat dan semangat menjalani hari.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Ketahui, 14 Penyebab Kanker Mata dan Cara Mencegahnya!"

Post a Comment