15 Bahaya Minum Es Setelah Makan Bagi Tubuh Kita

Bahaya minum es setelah makan siang, banyak diabaikan banyak orang. Mungkin kita belum mengetahui, atau tidak peduli sama sekali dengan bahaya di balik kebiasaan buruk ini.

Wanita Minum Es
Setelah menyantap bakso atau makanan panas di siang hari, pastinya nikmat menutupnya dengan minum es. Air dingin terasa segar mengaliri tenggorokan kita. Terlebih makanan yang kita santap rasanya pedas.

Kebiasaan minum es sesudah makan sangat merugikan kesehatan tubuh. Bayangkan sampah yang melewati pipa pembuangan mengalami pengendapan, disebabkan air yang mendorongnya terlalu dingin. Efeknya lemak tidak dapat larut dengan sempurna, sehingga sulit melewati saluran pipa.


15 Bahaya Minum Es Setelah Makan Bagi Tubuh Kita


Pencernaan menjadi tidak lancar, akibat air dingin yang anda minum setelah makan. Pasalnya, dinding usus akan menyempit. Dampak buruk lainnya, proses penyerapan makanan akan terganggu. Nah, inilah bahaya minum air dingin setelah makan selengkapnya:

1. Pembengkakan amandel

Anak kecil yang kebanyakan minum es, sangat berisiko mengalami pembesaran amandel. Akibatnya, anak merasa sulit saat menelan makanan. Kelenjar amandel yang bengkak, dapat mengganggu pernafasan. Risiko makin meningkat, dengan kebiasaan minum es setelah menyantap makanan yang sarat dengan lemak jenuh.

Pelajari lainnya: 7 Cara Mengobati Amandel Bengkak Tanpa Operasi

2. Penyerapan nutrisi menjadi tidak optimal

Dinding usus yang mengkerut akibat minum air dingin, akan menyebabkan nutrisi dalam makanan sulit diserap oleh tubuh. Distribusi nutrisi juga sulit dilakukan, disebabkan darah yang kurang encer.


3. Berisiko terserang sakit kepala

Minum es setelah makan menyebabkan perubahan suhu secara mendadak dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh akan terganggu, sehingga suplai oksigen ke otak mengalami penurunan. Dampak yang paling terasa adalah sakit kepala.

4. Berisiko terjadi penumpukan lemak di perut

Lemak dalam makanan akan sulit dibakar, jika anda minum es setelah makan. Terutama bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, hentikan kebiasaan ini. Anda tentunya tidak ingin lemak menumpuk di perut dan paha, bukan?

5. Memperburuk asam lambung

Bagi penderita asam lambung, minum es setelah makan sangat tidak disarankan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit makin parah.

Lainnya: 6 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

6. Radang tenggorokan

Kebiasaan minum es setelah makan, sangat berisiko memicu lendir di tenggorokan. Gejalanya termasuk rasa sakit saat menelan makanan. Akan lebih baik, jika anda minum air hangat sesudah makan, yang akan membuat pencernaan lebih lancar.

7. Perut buncit

Salah satu bahaya minum es setelah makan adalah perut buncit. Pastinya, semua orang tidak menyukai bentuk tubuh yang tidak ideal ini. Air es yang masuk ke jaringan perut, akan menyebabkan bantalan lemak makin tebal.

8. Risiko usus tersumbat

Air es yang masuk ke dalam perut, akan membuat usus lebih dingin dan mengkerut. Makanan dalam usus pun ikut membeku. Efeknya, berisiko terjadinya endapan lemak pada saluran usus. Tidak menutup kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran cerna tersebut.

9. Risiko pembentukan batu ginjal

Hal ini terutama bagi anda yang suka minum es teh. Zat oksalat dalam minuman dingin ini dapat memicu terbentuknya kristal pada ginjal. Imbangi dengan sering minum jus lemon. Ya, minuman ini kaya sitrat yang baik untuk mencegah batu ginjal

10. Mengacaukan ritme jantung

Jika anda terlalu banyak minum air es setelah makan, maka aliran darah dapat terhambat. Saraf di sekitar jantung menjadi dingin, yang pada akhirnya dapat memengaruhi ritme jantung. Akibatnya, denyut jantung tidak teratur dan kemungkinan terjadi sesak nafas.

11. Gangguan pencernaan

Air es yang masuk ke dalam usus, akan berakibat lemak dalam makanan menjadi lebih padat. Selain sulit dicerna, risiko lainnya adalah mudahnya bakteri mengganggu sistem cerna.

12. Perut kembung

Es yang diminum setelah makan, akan berakibat kenaikan gas dan asam lambung. Selain itu, otot perut pun menjadi kram dan tegang. Hal ini disebabkan reaksi enzim dalam lambung terhadap suhu dingin. Dampaknya adalah menumpuknya gas dalam perut, sehingga perut terasa begah.

13. Mengganggu fungsi fisiologis

Aliran darah ke otak menjadi tidak normal, akibat minum es setelah makan. Jika kondisi ini terjadi secara terus – menerus, akan memicu gangguan fungsi fisiologis yang sering ditandai dengan rasa pusing. Gejala ini muncul secara timbul tenggelam.

14. Mudah haus lagi

Dahaga dipicu oleh dehidrasi, yaitu berkurangnya cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan dalam tubuh akan terganggu, jika anda minum es sesudah makan.

15. Risiko mengalami pembekuan di otak

Otak merupakan organ yang sangat peka terhadap perubahan suhu. Organ tubuh ini harus dalam kondisi hangat. Konsumsi air es secara berlebihan tidak baik bagi otak. Terlebih penderita migrain, hindari kebiasaan tidak sehat ini.

Jadi, aktivitas apa yang baik dikerjakan setelah makan?

Istirahat sejenak selama 15 menit, bukan tidur ataupun merebahkan tubuh. Setelah makan, sel darah merah akan bergerak ke otak untuk proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi. Jadi, hindari tidur sesudah makan.

Akan lebih bagus, jika anda berjalan – jalan sekitar 40 langkah setelah makan. Ini akan mencegah perut kembung, serta meringankan kerja sistem cerna.

Ketahui juga: 11 Bahaya Kipas Angin Bagi Kesehatan

Nah, itulah 15 bahaya minum es setelah makan bagi kesehatan. Meskipun terasa lega dengan minuman dingin, tapi setelah tahu risikonya pastinya anda akan berfikir ulang untuk terus melakukannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Bahaya Minum Es Setelah Makan Bagi Tubuh Kita"

Post a Comment