7 Cara Alami Untuk Mengatasi Luka Tersiram Minyak Panas

Kini sehat - Banyak orang salah melakukan pertolongan pertama kena minyak panas, dengan pakai odol. Memang pasta gigi rasanya dingin di kulit anda, disebabkan mentol yang terkandung di dalamnya. Namun, bahan ini dapat menutup pori – pori kulit anda.

Apalagi penerapan mentega pada luka bakar, justru kulit tidak segera dingin dan makin banyak jaringan rusak akibatnya. Adalagi beberapa orang menggunakan kecap dan minyak rem untuk mengatasi luka bakar, ilmu kedokteran sangat tidak menyarankannya.


Pertolongan pertama terhadap luka bakar
Memang sih, minyak rem memiliki sensasi dingin. Tapi, gimana dengan bahan kimia di dalamnya? Justru proses penyembuhan luka menjadi lebih sulit, akibat penggunaan bahan tersebut.

Cara pertolongan pertama kena minyak panas memang seharusnya anda ketahui dengan seksama. Terutama bagi kaum hawa, di mana setiap hari mereka berdekatan dengan yang satu ini.

Kulit mulus akan hilang kecantikannya, ketika tersiram minyak goreng panas. Ya, meskipun kita selalu berhati – hati saat mengoreng ikan. Efeknya, kulit pun menjadi memerah dan bisa melepuh. Kondisi akan lebih buruk, jika anda tidak merawatnya dengan benar.


7 Cara Alami Untuk Mengatasi Luka Tersiram Minyak Panas


Anda dapat menggunakan krim untuk luka bakar, saat kulit anda tersiram minyak panas ataupun kasus serupa. Tapi, terkadang kita tidak menyediakan obat luka di rumah. Nah, untuk mengatasi luka bakar, anda dapat menggunakan bahan – bahan alami berikut ini:

1. Strawberry dan Tomat

Luka bakar akibat tersiram minyak panas dapat diobati dengan campuran jus strawberry dan tomat. Vitamin C yang tinggi di dalam kedua buah ini sangat berguna untuk mencegah infeksi dan radang akibat luka.

Lainnya: Cara Membuat Masker Strawberry Untuk Merawat Kecantikan

2. Masker kentang dan mentimun

Obat luka bakar dapat dibuat menggunakan kedua bahan alami ini. Setelah dicuci, masukkan irisan kedua bahan ini ke dalam blender. Segera terapkan pada kulit anda yang tersiram cairan panas. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.

Mentimun bersifat mendinginkan dan mencegah infeksi. Sedangkan kentang memiliki sifat anti inflamasi, sehingga mencegah peradangan.

3. Jeruk Nipis

Ketika tangan anda tersiram minyak goreng panas, segera ambil jeruk nipis. Belah buahnya menjadi beberapa bagian, peras dan oleskan airnya pada kulit tangan anda. Vitamin C dalam buah ini akan menutrisi kulit anda, sehingga mencegah lepuh.

4. Gel lidah buaya

Mungkin anda mengenal lidah buaya bermanfaat untuk melebatkan rambut. Tanaman herbal ini ternyata juga efektif untuk pemulihan luka, serta mampu mencegah pembengkakan akibat luka bakar.

Segera patahkan lidah buaya, oleskan lendirnya pada kulit yang terkena percikan minyak goreng panas.

5. Oatmeal


Anda juga bisa mengobati luka karena tersiram minyak panas menggunakan oatmeal. Buatlah krim dengan mencampur oatmeal dan sedikit air, balurkan pada kulit yang terbakar.

6. Yoghurt dan susu

Tersiram minyak panas pada bagian tubuh, dapat mengalami kerusakan jaringan kulit. Nutrisi yang terkandung dalam yogurt dan susu, sangat baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Oleskan campuran yogurt dan susu pada area yang bermasalah. Biarkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin.

7. Baking Soda

Krim untuk luka bakar, juga dapat dibuat dengan mencampur 3 sdm baking soda dan air. Rendam kapas dalam campuran ini, balutkan pada kulit yang terguyur minyak panas. Biarkan selama 15 menit, sebelum anda mencucinya.


Pertolongan Pertama Terhadap Penderita Luka Bakar


Ketika kulit terguyur minyak panas, maka kulit pun tersengat panas dengan cepat. Jadi, anda harus menangani kondisi ini dengan segera. Nah, beberapa tindakan pertama yang perlu anda lakukan seharusnya seperti berikut ini:

  1. Segera rendam ke dalam air dingin, kulit yang terkena minyak panas.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Cari bantuan medis untuk penanganan luka lebih lanjut.

Tindakan yang tidak disarankan saat kulit tersiram minyak panas


Banyak orang gegabah dalam bertindak, saat kulitnya terkena percikan minyak goreng panas. Anda sebaiknya menghindari beberapa tindakan yang dapat membuat luka makin parah. Perhatikan hal – hal berikut ini:

  • Hindari menekan kulit yang terbakar. Hal ini akan menyulitkan penyembuhan.
  • Hindari mengompres kulit anda dengan es batu. Hal ini dapat berakibat pembengkakan.
  • Jangan menerapkan produk kosmetik pada kulit yang terkena percikan cairan panas. Bahan kimia pada kosmetik dapat membahayakan luka.
  • Jika kulit melepuh dan cairan bening ada di dalamnya, jangan mengeluarkan cairan tersebut dengan cara ditusuk menggunakan jarum. Cara tersebut dapat berakibat infeksi.

Ketahui juga: 8 Cara Mengobati Panu Secara Alami

Nah, itulah 7 cara alami untuk mengatasi luka tersiram minyak panas. Semoga membantu anda, sehingga kulit anda kembali mulus kembali.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Cara Alami Untuk Mengatasi Luka Tersiram Minyak Panas"

Post a Comment