13 Dampak Buruk Akibat Banyak Makan Gula

Kini sehat - Akibat terlalu banyak makan gula, tidak disadari oleh semua orang! Rasa manisnya, mungkin menjadi penyebab kita lupa akan bahaya makanan manis ini bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi gula paling banyak adalah 90 gram per hari, atau kira – kira sebanyak ½ cangkir. Jika anda melebihi batasan ini, maka asupan termasuk berlebih. Sebenarnya kalau hal ini tidak sering dilakukan, tidak masalah. Mungkin sebulan sekali. Namun, bagaimana jika kebiasaan buruk ini menjadi gaya hidup anda?


Bahaya Gula Bagi Kesehatan
Dampak buruk bagi kesehatan, pastinya akan dialami oleh seseorang yang mengonsumsi makanan manis ini secara berlebihan dan terus – menerus. Berbagai masalah kesehatan, mulai penyakit ringan hingga berat akan sangat mungkin menyerang seseorang dengan pola makan seperti itu.

Kenapa disebut pola makan? Ya, karena gula di sini bukan berarti hanya gula pasir saja. Semua makanan dan minuman manis, termasuk di dalamnya. Nah, apa saja bahayanya?


13 Dampak Buruk Akibat Banyak Makan Gula


Beberapa akibat konsumsi gula secara berlebih yang mungkin anda tahu, seperti kenaikan berat badan dan diabetes. Selengkapnya mengenai dampak bagi tubuh anda adalah berikut ini:

1. Merusak Gigi

Mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur, sangat tidak dianjurkan. Gula yang menempel pada gigi dapat menyebabkan karang gigi, yang pada akhirnya berakibat gigi berlubang. Jika anda memiliki buah hati, anjurkan untuk menggosok giginya sebelum tidur malam. Apalagi setelah ia makan permen.

Lainnya: 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu

2. Melemahkan Daya Ingat

Studi ilmiah menunjukkan bahwa asupan gula secara berlebih dan terus – menerus, dapat mengakibatkan penuaan pada sel - sel otak. Dampaknya adalah penurunan kemampuan kognitif, termasuk juga melemahnya daya ingat.

Lainnya: 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kepikunan Dini

3. Obesitas

Bahaya makanan manis yang signifikan adalah terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh. Dampak yang paling nyata, salah satunya adalah kegemukan.

4. Penyakit Jantung


Banyak makan gula dapat mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dan kadar lemak dalam darah. Kondisi ini dapat mengganggu fungsi jantung, sehingga berakibat kerusakan pada organ penting ini.

5. Hipertensi

Tekanan darah tinggi sering dipicu oleh konsumsi garam secara berlebihan dalam jangka panjang. Risiko ini terutama dialami bagi mereka yang punya bakat hipertensi secara genetik. Bukan garam saja pemicunya, gula juga menjadi faktor penyebab yang utama.

6. Jerawat

Jika anda ingin wajah anda bebas jerawat, kurangi asupan makanan manis setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan banyak gula secara rutin, lebih berpotensi memiliki banyak jerawat. Kandungan glikemik tinggi, bukan hanya menambah kadar lemak. Tapi juga memicu timbulnya jerawat.

7. Meracuni Hati

Dengan mengkonsumsi banyak gula atau makanan manis secara berlebih, akan membebani kerja hati. Lebih dari itu, organ penting ini menjadi sarat akan racun yang berasal dari zat tersebut.

8. Perubahan selera makan

Fruktosa dalam gula dapat mengganggu resistensi leptin, jika dikonsumsi terlalu banyak. Leptin adalah hormon yang memengaruhi nafsu makan. Gangguan pada hormon ini akan berakibat keinginan makan yang berlebihan.

9. Diabetes tipe 2

Asupan gula berlebih sangat rentan dengan risiko terkena penyakit gula darah, atau sering kita kenal dengan diabetes. Dalam hal ini adalah diabetes tipe 2, dimana hormon insulin bekerja keras untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah.

10. Menurunkan Kekebalan Tubuh

Akibat banyak makan gula, salah satunya adalah obesitas. Sistem immun yang seharusnya digunakan untuk memerangi penyakit, harus bertugas untuk menangani gangguan akibat kegemukan.

11. Depresi

Anda meungkin terkejut dengan fakta ini. Mengkonsumsi makanan atau minuman manis memang dapat menimbulkan efek tenang dan rileks. Namun, konsumsi secara berlebihan akan berakibat sebaliknya.

Tahukah anda: Bahaya Tidur Ngorok Bagi Tubuh Yang Mengerikan

12. Perubahan Genetik

Meskipun terbilang kasus langka, berlebih dalam mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan perubahan hormon yang disebut ghrelin.

13. Kanker

Sel – sel kanker akan berkembang, jika dipicu oleh makanan terlalu manis. Salah satu upaya mencegah kanker, kurangi asupan gula sebisa mungkin.


Tips Mencegah Dampak Buruk Akibat Konsumsi Gula


  • Biasakan minum minuman yang tidak terlalu manis.
  • Jika anda mampu, ganti gula pasir dengan gula merah atau gula batu. Mengingat kadar kalori lebih rendah.
  • Pilih makanan atau minuman dengan label sugar atau less sugar.
  • Olahraga dengan rutin dan teratur. Bakar kalori dalam tubuh anda sebisa mungkin. Lakukan latihan dengan bertahap, tentunya.

Simak juga: 15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Terus - Menerus

Nah, itulah 13 dampak buruk akibat makan banyak gula. Tubuh kita butuh asupan gizi yang seimbang. Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tertentu tidaklah bagus. Pertimbangkan kesehatan daripada sekedar menuruti kesenangan. Semoga tetap sehat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Dampak Buruk Akibat Banyak Makan Gula"

Post a Comment