25 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Kini sehat - Bekas jerawat menjadi masalah baru, setelah biangnya hilang. Bintik – bintik kecil memang sudah lenyap dari wajah anda. Tapi, bagaimana dengan bekasnya? Menghilangkan noda tersebut tidak jauh beda sulitnya dengan flek hitam.

Obat Bekas Jerawat
Sebagian orang mengandalkan produk kosmetik untuk menghaluskan wajah mereka, setelah sembuhnya jerawat. Sebagian lainnya menggunakan terapi laser. Metode perawatan harusnya mempertimbangkan untung ruginya. Terapi laser tentunya membutuhkan biaya mahal, sedangkan penggunaan kosmetik kecantikan tidak menjamin wajah anda bebas dari noda hitam.

Jika anda menggunakan produk kecantikan untuk menghilangkan noda bekas jerawat, pastikan tipe kulit anda cocok dengan produk yang akan diterapkan. Pastikan kulit anda tidak alergi dengan bahan yang digunakan.


25 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat - Obatan


Bagi anda yang memilih bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat, maka artikel ini sangat cocok untuk dipraktekkan di rumah. Keuntungan cara tradisional adalah tidak adanya efek samping yang berbahaya. Nah, berikut ini cara tradisional yang dapat anda lakukan:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang mampu mengurangi kemerahan akibat bekas jerawat. Bahan alami ini juga mengandung astringent yang efektif dalam mengangkat kulit mati.

Aplikasikan masker kunyit pada wajah anda selama 20 menit. Jangan lupa membilas wajah dengan air, setelah perawatan.

2. Masker Lemon

Vitamin C dalam lemon mampu meregenerasi sel – sel kulit anda, sehingga kulit mati mudah terangkat. Buah ini membantu produksi kolagen, jika diterapkan pada kulit wajah anda. Sehingga wajah lebih cerah, tanpa noda bekas jerawat.

Cara menggunakan: Aplikasikan masker lemon pada wajah anda selama 15 menit. Lakukan sebelum tidur malam.

3. Minyak Pohon Teh


Penerapan tea three oil pada kulit, sama efeknya dengan benzoyl peroxide. Zat terpenoid yang terkandung dalam bahan ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, serta mengurangi inflamasi.

Cobalah oleskan sedikit minyak pohon teh pada tangan anda. Jika tidak timbul rasa gatal dan kemerahan, lanjutkan perawatan.

Encerkan 5 ml minyak pohon teh, campur dengan 95 ml air. Ambil bola kapas, basahi dengannya. Oleskan pada bekas jerawat di wajah anda. Lakukan cara ini di pagi dan malam.

4. Madu murni

Bahan ini dikenal sebagai pelembab alami bagi kulit wajah. Terapkan pada wajah anda, selama 15 menit. Bilas dengan air bersih, setelah perawatan. Madu dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit.

5. Minyak Mawar

Selain berguna untuk perawatan luka bakar, minyak mawar juga efektif untuk memudarkan flek hitam akibat bekas jerawat. Terapkan pada area yang bermasalah, sebelum berangkat tidur malam.

6. Cuka sari apel

Apple vinegar berguna untuk mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat, serta mengontrol pH kulit anda. Encerkan 5 ml cuka apel, campur dengan 95 ml air. Basahi bola kapas dengan campuran ini, terapkan pada bekas jerawat selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

7. Ampas Teh Hitam

Terapkan ampas teh hitam pada bekas jerawat di wajah anda, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan 3 kali dalam seminggu selama sebulan, lihat hasilnya.

8. Lidah buaya

Bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan rambut rontok ini, juga efektif untuk perawatan bekas luka seperti jerawat. Aloesin yang terkandung dalam aloe vera mampu menekan produksi melanin, penyebab kulit menjadi gelap. Lidah buaya juga membantu proses regenerasi kulit.

Terapkan masker lidah buaya pada wajah anda, selama ¼ jam sebelum tidur malam. Bilas menggunakan air mengalir. Lakukan perawatan ini juga di pagi hari selama sebulan.

9. Minyak kelapa

Asam laurat dan Asam kaprat dalam minyak kelapa efektif dalam memudarkan noda hitam di kulit akibat jerawat. Terapkan pada kulit yang bermasalah, sebelum tidur malam.

10. Bawang Putih

Senyawa thiacremonon sulfur yang terkandung dalam bawang putih berguna untuk mengeringkan jerawat. Bukan hanya bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, senyawa allicin dalam bawang putih bersifat antiseptik yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

Tumbuk bawang putih hingga lumat, terapkan pada noda hitam di wajah anda. Biarkan selama beberapa menit, kemudian cuci wajah anda dengan air hangat.

11. Kentang

Vitamin dalam kentang dapat menutrisi jaringan kulit yang rusak akibat bekas jerawat. Gunakan masker kentang pada kulit wajah anda. Biarkan selama 20 menit, sebelum mencuci wajah anda.

12. Masker Pepaya

Enzim papain dalam pepaya berguna untuk meregenerasi sel kulit mati. Kemerahan akibat bekas jerawat, juga dapat dipudarkan dengan pemakaian masker pepaya. Pasalnya, adanya antioksidan kuat dalam buah ini.

Terapkan masker pepaya pada wajah selama 15 menit. Segera bilas wajah anda menggunakan air hangat, setelah perawatan. Terlalu lama memakai masker pepaya tidaklah baik untuk kulit.

13. Kulit pisang

Eksfoliasi sel kulit mati dapat anda lakukan menggunakan kulit pisang. Bahan alami ini kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Vitamin tersebut dibutuhkan untuk regenerasi kulit sehat. Terapkan masker kulit pisang, beberapa menit sebelum tidur. Cuci wajah setelah selesai perawatan.

14. Scrub gula pasir

Kulit mati pada bekas jerawat dapat dikelupas menggunakan gula pasir dan minyak zaitun. Caranya, campur 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah anda, terutama pada bekas jerawat. Lakukan pijatan lembut selama 5 menit, bilas dengan air hangat.

Pelajari juga: 6 Cara mengangkat sel kulit mati secara alami

15. Putih Telur

Protein dan asam amino yang terdapat dalam putih telur berguna untuk mengecilkan pori – pori kulit, serta membantu regenerasi sel kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, oleskan putih telur pada area tersebut. Biarkan selama beberapa menit, bilas menggunakan air bersih.

Simak juga: 6 Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Rambut dan Wajah

16. Alpukat dan Madu

Masker alpukat berguna untuk menutrisi kulit anda, sehingga noda hitam bekas jerawat tidak semakin parah akibat radiasi sinar matahari. Madu berguna untuk proses peremajaan kulit.

Tumbuk alpukat, campur dengan madu dan jus lemon. Balurkan pada wajah anda selama ¼ jam, cuci wajah dengan air mengalir. Lakukan perawatan wajah ini, 3 kali dalam seminggu.

17. Pasta gigi

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan bahan ini. Fluoride, hidrogen peroksida, dan triclosan dalam pasta gigi berguna untuk meredakan peradangan akibat bekas jerawat. Bahan – bahan tersebut juga mencegah iritasi kulit.

Terapkan pasta gigi pada area bekas jerawat saja, tidak pada seluruh wajah. Biarkan selama semalam, bilas wajah anda pada keesokan harinya.

18. Masker mentimun

Kemerahan akibat bekas jerawat juga dapat diminimalisir dengan pemakaian masker mentimun, disebabkan adanya astringent dalam buah ini. Vitamin E dalam mentimun berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Masker mentimun juga dapat dicampur dengan madu, kemudian diterapkan pada wajah selama 20 menit. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

19. Baking Soda

Beberapa manfaat baking soda untuk kecantikan termasuk untuk eksfloitasi sel kulit mati, serta mengontrol pH kulit. Sehingga pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dapat dicegah.

Campur baking soda dengan sedikit air, oleskan pada bekas jerawat selama 2 menit. Pijat lembut wajah anda, biarkan krim ini melekat di wajah selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

20. Banyak minum air putih

Air berguna untuk mengeluarkan toksin – toksin dalam tubuh, serta membilas bakteri yang menyebabkan jerawat. Penuhi kebutuhan tubuh anda akan cairan, sehingga kulit makin cantik dan bersinar.

21. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Sinar uv dapat memicu produksi melanin, sehingga bekas jerawat dapat berubah menjadi hitam. Gunakan sunblock saat berada di luar ruangan.

22. Hindari kebiasaan begadang

Regenerasi sel kulit dapat terganggu, jika pola tidur seseorang tidak teratur. Semakin sering anda tidur terlalu larut malam, makin besar risiko jerawat bermunculan di wajah.

23. Jangan memencet jerawat

Mungkin anda tidak sabar menunggu jerawat kempes, sehingga anda memecahkannya. Jika ini dilakukan, bekas luka akan sulit dirawat. Mungkin juga akan terjadi infeksi dan penyebaran bakteri pada wajah anda.

24. Gunakan handuk lembut

Keringkan wajah anda dengan handuk yang lembut, setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk mencegah jerawat pecah dan menyebabkan bekas luka yang sulit dipulihkan.

25. Rajin berolahraga

Tubuh yang aktif bergerak, akan bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi oksigen ke jaringan tubuh termasuk kulit. Lakukan olahraga dengan rutin di pagi hari. Kulit yang sehat jauh dari jerawat, apalagi bekasnya. Benar bukan?

Mungkin anda belum tau: 17 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Tradisional

Nah, itulah 25 cara menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan bahan alami. Semua cara di atas sangat aman dipraktekkan. Meskipun bahan alami membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan, tapi lebih aman dan tidak berdampak buruk. Selamat mencoba.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "25 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat"

Post a Comment