9 Bahaya Menggigit Kuku Yang Perlu Anda Waspadai !

Sobat kinisehat, terkadang kita merasa aneh ketika melihat kebiasaan sebagian orang. Salah satunya adalah menggigit kuku. Kenapa bukan kue brownies atau es krim saja, yang digigit? Kenyataannya memang tidak sedikit orang melakukan kebiasaan buruk ini.

Tiap orang biasanya punya kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan sejak kecil. Ada seseorang yang suka memilin rambutnya, bertopang dagu, membunyikan persendian tulangnya, dan banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan kebiasaan menggigiti kuku? Apa bahayanya bagi kesehatan?


Efek Buruk Akibat Gigit Kuku
Efek negatif menggigit kuku tidak jauh berbeda dengan mengisap jempol, ataupun memasukkan jari tangan ke mulut.

Kebiasaan menggigit kuku dalam istilah kedokteran disebut Onychophagia. Sebenarnya masalah ini berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Aktivitas buruk ini bisa dipicu oleh kecemasan, khawatir, takut, atau panik.

Survey yang dilakukan oleh Terry M. McClanahan menunjukkan bahwa Onychophagia paling banyak dilakukan oleh remaja belasan tahun. Tapi, kebiasaan ini ternyata juga dilakukan oleh sebagian orang tua, dengan prosentase 19 hingga 29 %.


9 Bahaya Menggigit Kuku Yang Perlu Anda Waspadai


Seorang anak kecil yang keinginannya tidak terwujud atau mungkin ia tidak punya teman, bisa saja mengungkapkan ekspresinya dengan menggigit kukunya. Seringkali kebiasaan buruk ini didorong oleh stres, kebosanan, atau perilaku kompulsif (dilakukan terus – menerus). Nah, berikut ini adalah dampak buruk kebiasaan gigit kuku bagi kesehatan tubuh:

1. Infeksi Ragi


Boleh jadi anda rajin mencuci tangan, sehingga tangan bersih. Tapi apakah anda yakin bebas dari bakteri? Bagian bawah kuku yang tidak dibersihkan dapat disinggahi oleh kuman, 2 kali lebih banyak dari telapak tangan.

Nah, bakteri bisa masuk dan menyebar dari kuku ke dalam mulut anda. Belum lagi jari yang basah oleh air liur, dapat mengakibatkan infeksi ragi di kuku dan herpes mulut.

Infeksi kuman juga dapat berakibat lemahnya celah – celah kuku. Pastinya akan terlihat buruk dong.

2. Paronychia

Mungkin anda menganggap aktivitas menggigit kuku biasa saja. Padahal, kebiasaan ini dapat mengakibatkan infeksi yang disebut paronychia. Penyebabnya adalah pecahnya jaringan pelindung yang membatasi kuku dan lipatan kuku.

Nah, kuman dan organisme lain bisa masuk ke dalamnya, dan terjadilah infeksi. Paronychia ditandai dengan nyeri, rasa sakit, dan jari bengkak.

3. Kerusakan gigi dan gusi

Kesehatan gigi dan mulut sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kenapa? Karena gigi dan mulut merupakan sistem pencernaan pertama, sebelum gizi makanan dicerna dan diserap oleh tubuh. Jadi, jangan sepelekan kesehatan mulut anda!

Kebiasaan menggigiti kuku, dapat berisiko terkena gingivitis (peradangan pada gusi) dan rusaknya gigi. Aktivitas buruk ini dapat berakibat gigi depan mudah retak, aus, bahkan pecah!

Onychophagia bisa menyebabkan resorpsi akar (akar gigi memendek). Jika dibiarkan, dapat berlanjut dan mengakibatkan gigi rontok. Gusi pun tidak lepas dari risiko terluka, sehingga berakibat bengkak dan infeksi.

4. Diare

Saat anda menggigit kuku yang kotor, sangat mungkin bakteri E-Coli yang bersarang di dalamnya tertelan. Akibatnya termasuk mual – mual dan diare.

5. Tumor Jinak

Meskipun tergolong jinak, kutil subungual atau periungual yang timbul akibat Onychophagia sulit diobati. Kutil ini tumbuh di sekitar kuku, dengan tekstur keras dan kasar. Cara mengobati tumor jinak ini dengan resep dokter, operasi bedah, metode pembekuan, pembakaran, ataupun laser.

6. Turunnya Daya tahan tubuh

Riset ilmiah menemukan bahwa sekitar 20 hingga 30 persen dari pelaku Onychophagia, kekebalan tubuhnya lebih rendah daripada orang sehat.

Hal ini mungkin juga terkait dengan kondisi psikis seseorang, seperti stres ataupun depresi. Seperti anda tahu, stres menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Lebih lengkap: 11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun

7. Influenza

Kebiasaan menggigit kuku rentan terkena penyakit flu, jika tangan kotor. Virus influenza mudah menyebar, terutama di cuaca yang tidak menentu. Hal ini juga disampaikan oleh Rochelle Torgerson, MD, Ph.D – dokter kulit di Mayo Clinic.

Terkait lainnya: 13 Cara Menyembuhkan Flu Dan Pilek Secara Alami

8. Menurunkan kecerdasan

Kebiasaan Onychophagia pada anak – anak bisa menyebabkan rendahnya IQ. Hal ini bisa terjadi, jika timah yang menumpuk dalam kuku masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan keracunan. Efek buruknya, intelektualitas anak menjadi berkurang.

9. Merusak Penampilan

Dari segi kecantikan, bentuk kuku akibat Onychophagia, dapat berubah menjadi buruk. Bentuk ini dapat bersifat sementara maupun permanen.

Tahukah anda: 15 Bahaya Minum Es Setelah Makan Bagi Tubuh Kita

Nah, itulah 9 bahaya kebiasaan menggigit kuku bagi kesehatan anda. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, cobalah menggantinya dengan aktivitas lain saat luang, misalnya main fidget spinner dengan jari tangan atau makan permen.

referensi: healthmeup.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Bahaya Menggigit Kuku Yang Perlu Anda Waspadai !"

Post a Comment