20 Cara Mengobati Tipes Secara Alami Dan Efektif

Kini Sehat - Obat tipes paling efektif dan ampuh bisa menggunakan bahan alami, yang tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Secara medis, biasanya digunakan antibiotik untuk melawan bakteri penyebab tifus (Salmonella typhi). Tapi, jangan sepelekan bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita, untuk menyembuhkan penyakit ini !

Obati Tipes
Memang, obat – obatan kimia pada umumnya dapat menurunkan demam tipes dengan cepat. Namun, turun panas pada penderita sifatnya sementara. Ada juga obat antibiotik yang mampu mencegah perkembangan bakteri S. thypi, tapi disertai dengan efek samping seperti mual, diare, dan sakit perut.

Menggunakan bahan alami untuk mengobati tipes, bisa dibilang pilihan yang cerdas. Tentunya dengan pertimbangan parah tidaknya infeksi yang terjadi. Jika anda memiliki kekebalan tubuh yang bagus, tidak ada salahnya mencoba menggunakan cara alami untuk menyembuhkan penyakit ini.

Tipes tergolong penyakit berbahaya, terlebih ketika saluran cerna sudah terinfeksi. Gejala umum yang sering dialami penderita adalah demam di pagi dan malam hari. Kondisi ini terjadi pada minggu pertama sejak infeksi bakteri.

Sakit kepala, lesu, demam (39 hingga 40 derajat celcius) – biasanya dialami penderita pada minggu pertama.

Pada minggu kedua demam dan diare biasanya makin parah, tidak doyan makan (nafsu makan menurun).

Jika penyakit berlanjut, pada minggu ketiga banyak penderita yang mengigau saat tidur. Pada minggu ke empat, gejala tipes bisa hilang dan suhu tubuh menjadi normal. Tapi setelahnya, suhu tubuh tiba – tiba naik drastis. Segera larikan penderita ke rumah sakit terdekat, untuk mendapatkan perawatan tim medis.


20 Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Efektif


Bagi anda yang memilih obat alternatif untuk mengatasi penyakit tipes, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

1. Larutan Oralit


Gejala diare akibat tifus, dapat diatasi dengan minum larutan oralit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Kunyit

Bukan hanya untuk membuat jamu kunir asem, ternyata kunyit dapat digunakan sebagai obat tipes lho. Caranya, iris – iris kunyit seukuran 2 ruas jari. Siapkan juga 11 daun sambiloto dan 19 daun pegagan, rebus semua bahan dengan seliter air. Angkat setelah airnya tersisa ¼ liter. Anda dapat meminumnya setelah dingin, 3 kali sehari.

Mungkin anda belum tau: 5 Manfaat Kunyit Putih !

3. Air Cengkeh

Cara ampuh untuk mengobati tipes secara alami adalah menggunakan cengkeh. Antibiotik alami dalam cengkeh mampu melawan aktivitas bakteri S. Tiphy, penyebab tipes.

Rebus 7 cengkeh bersama segelas air, sampai airnya menyusut separuh. Minum ramuan ini secara rutin, sampai sembuh.

4. Temulawak

Demam tifus dapat diturunkan dengan temulawak. Caranya, 2 rimpang temulawak diiris – iris, kemudian direbus dengan 2 gelas air. Setelah airnya susut setengahnya, dinginkan. Minum ramuan herbal ini sampai penyakit sembuh.

Pelajari juga: 12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Kecantikan !

5. Pisang

Untuk menguatkan kembali tenaga yang lemah, makanlah setidaknya 2 buah pisang. Penyerapan cairan dalam usus pun menjadi optimal, dengan makan buah ini. Kalium di dalamnya akan mengembalikan cairan yang hilang. Dan yang terpenting, untuk mengobati demam tipes.

6. Daun keji beling

Salah satu bahan alami yang mampu mengobati tifus secara tradisional adalah daun keji beling. Ambil 15 daun keji beling, rebus dengan 2 ½ liter air. Setelah airnya mendidih selama kurang lebih 20 menit, angkat! Minum airnya setelah dingin, pagi dan malam harinya.

7. Jus Jambu Merah

Minuman sehat ini baik untuk mengembalikan kondisi penderita tipes. Keseimbangan elektrolit dalam tubuh pun dapat dikontrol, dengan minum jus buah ini. Vitamin C dalam jambu merah berguna untuk meningkatkan imunnitas tubuh.

8. Buah sawo

Untuk menggunakan sawo sebagai obat tradisional bagi tipes, siapkan 5 buah sawo. Peras buahnya, dan minumlah sarinya setiap hari sampai sembuh.

9. Bawang Putih

Manfaat bawang putih berasal dari glukosinates dan sulfur, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan makan se siung bawang putih, racun dalam tubuh akan dikeluarkan dan suhu tubuh yang tinggi akan turun.

Lainnya: 10 Manfaat Bawang Bombay Yang Luar Biasa !

10. Pepaya muda

Untuk menggunakan pepaya sebagai obat tifus, parut buahnya yang masih muda atau belum matang. Peras dan saring untuk mendapatkan sarinya, minum dengan rutin hingga penyakit sembuh.

11. Cuka Apel

Sebenarnya penderita tipes tidak dianjurkan untuk minum minuman asam. Namun, anda bisa mengatasi demam tinggi, dengan cuka sari apel. Campur ½ sdm cuka apel dengan segelas air hangat dan sedikit madu, minum dengan segera.

12. Mentimun segar

Demam tifus juga bisa diturunkan dengan mentimun. Caranya, parut buahnya dan peras. Minum air mentimun ini setiap pagi, siang, dan malam hari.

13. Telur ayam

Protein, kalori, omega, dan gizi lainnya dalam telur ayam kampung membantu untuk memulihkan kondisi penderita tipes. Makanan ini baik dikonsumsi penderita, yang kondisinya menurun akibat diare dan demam.

Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit tifus, berikut ini beberapa tips yang sebaiknya dilakukan:

14. Mengkonsumsi makanan lembut
15. Menjaga kebersihan makanan
16. Cukupi asupan air mineral
17. Jauhi makanan pedas
18. Perbanyak istirahat
19. Makan lebih sering
20. Kompres dahi dengan air dingin, saat demam tinggi (bukan air es)


Penyebab Tipes


Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang biasanya bersarang di tempat kotor, daging mentah, ataupun makanan yang tercemar. Penularan penyakit pada umumnya melalui kotoran, hewan ternak, urin penderita, dan lainnya.


Gejala penyakit tipes



  • Demam
  • Mulas, muntah, diare, dan kurang nafsu makan
  • Tubuh lemah
  • Kemerahan dan ruam pada kulit
  • Tubuh menggigil
  • Tinja mengandung darah
  • Hidung mengeluarkan darah (Mimisan)
  • Mudah emosi

Simak juga: 7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat !

Nah, itulah 20 cara mengobati tipes secara alami dan efektif. Setelah mengetahui penyebab dan gejalanya, diharapkan mudah bagi anda untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut. Jika penyakit tidak kunjung sembuh, segera larikan penderita untuk mendapatkan perawatan medis. Semoga segera sembuh.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "20 Cara Mengobati Tipes Secara Alami Dan Efektif"

Post a Comment