19 Penyebab Kulit Terkelupas Dan Cara Mengobatinya

Sebagai organ tubuh yang berfungsi untuk pertahanan paling luar, kulit selalu terekspos faktor lingkungan. Cuaca panas dan kering, angin, cuaca dingin, juga teriknya matahari bisa menyebabkan iritasi kulit. Pada akhirnya kulit pun bisa terkelupas.

Jari Tangan Terkelupas
Terutama tangan, bagian tubuh ini paling sering digunakan untuk berbagai aktivitas sehari – hari. Kulit tangan, khususnya ujung jari menjadi mudah mengelupas.

Ujung jari memiliki tekstur yang lembut dan sensitif, sehingga wajar terjadi pengelupasan kulit pada area ini. Lantas, apa saja penyebab masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Kulit yang kasar dan bersisik akibat terkelupas haruslah dirawat dengan tepat. Silahkan baca artikel sebelumnya: 19 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik Pada Anak Muda.

Untuk itulah, kali ini kita akan mengupas penyebab utama kulit terkelupas, cara mencegah, serta cara mengatasinya. Sehingga kulit kita kembali lembut dan cantik.


19 Penyebab Kulit Terkelupas Dan Cara Mengobatinya


1. Alergi

Tidak semua orang tahan terhadap alergen. Kulit sensitif mudah bereaksi terhadap alergen, seperti zat nikel yang terkandung dalam perhiasan. Pemakaian perhiasan yang mengandung bahan ini dapat menimbulkan iritasi, bahkan kulit terkelupas.


Demikian pula dengan barang yang mengandung latex, juga dapat menimbulkan efek yang sama terhadap orang yang alergi. Jadi, hindari penggunaan benda – benda ini, jika kulit anda tergolong sensitif.

2. Rutinitas mencuci pakaian

Bahan kimia yang terkandung dalam sabun dan deterjen bisa mengakibatkan alergi pada tangan. Pada orang dengan tipe kulit sensitif, kulit dapat memerah dan mengelupas akibat terkena deterjen.

Anda dapat menggunakan bahan – bahan alami yang mampu melembutkan dan memutihkan kulit.

3. Kebiasaan mengisap jari

Kebiasaan ini biasa dilakukan oleh anak – anak. Memasukkan jari tangan ke dalam mulut, jika dilakukan terlalu sering dapat membuat kulit mudah terkelupas. Suruh anak untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

4. Pengaruh cuaca

Suhu terlalu dingin dan kering, dapat menyebabkan kadar kelembaban kulit menurun. Kulit pun menjadi kering dan kusam. Ujung – ujungnya terkelupas !

Nah, gunakan pelembab kulit yang cocok dengan tipe kulit anda. Pastikan anda memakai produk yang tepat, dan gunakan selama cuaca ekstrim.

5. Sering menggunakan benda kasar

Kulit tangan dapat mengelupas akibat penggunaan benda – benda kasar. Seperti menyetir, menyetrika, dan aktivitas lainnya. Kurangi aktivitas yang membuat tangan anda bersentuhan dengan benda kasar, untuk menjaga kelembutan kulit.

6. Sunburn

Terpapar sinar matahari secara terus – menerus dapat menyebabkan lapisan luar kulit terkelupas.

Akibat gejala penyakit

Bukan hanya kebiasaan atau rutinitas sehari – hari yang dapat membuat kulit mengelupas, mungkin saja masalah ini bisa disebabkan oleh salah satu gejala penyakit berikut ini:

7. Scabies

Infeksi tungau umumnya terjadi pada sela – sela jari tangan. Kutu yang biasa bersarang di kasur, kamar tidur, atau bantal yang lembab. Jika digaruk, infeksi dapat menular lewat cairan pada area tersebut.

8. Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh faktor genetik, iritasi terhadap bahan kimia, atau trauma pada kulit. Gejalanya seperti ruam, gatal, memerah, bersisik, dan terkelupasnya kulit.

Segera lakukan pengobatan yang tepat terhadap penyakit ini. Mungkin akan butuh waktu lama. Periksakan ke dokter spesialis kulit, untuk memastikannya.

9. Psoriasis

Kondisi kulit dimana siklus regenerasi sel berlangsung sangat cepat, sehingga kulit bersisik, gatal, kering, dan kemerahan.

10. Keratosis Pilaris

Kulit tangan terkelupas bisa jadi gejala penyakit kulit yang disebut Keratosis Pilaris, yang disebabkan faktor keturunan. Tangan sangat kasar dan gatal, ketika cuaca dingin dan kering.

Konsultasikan dengan dokter spesialis, untuk penanganan yang tepat. Pengobatan medis biasanya menggunakan salep dengan bahan asam laktat, retinoid, maupun urea.

11. Penyakit Kawasaki

Penyakit kulit yang menyebabkan tangan terkelupas ini biasanya diderita anak – anak. Gejala awalnya seperti demam tinggi, bibir pecah – pecah, ruam, bengkaknya kelenjar getah bening, mata merah, dan lidah memerah (strawberry tongue).

Kondisi ini dapat berlanjut dengan terjadinya sakit persendian, kulit kaki dan tangan terkelupas, rongga perut terasa sakit, dan muntah. Bawa penderita ke dokter dengan segera.

12. Atopic Dermatitis

Penyakit kulit ini seperti ruam yang gatal, disebabkan oelh faktor keturunan dan alergi terhadap cuaca kering. Akibatnya, kulit menjadi pecah – pecah. Silahkan konsultasi dengan spesialis kulit di kota anda.

13. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Infeksi bakteri strepsilococcus atau staphilococcus dapat menyebabkan pengelupasan kulit. Begitu juga kelainan imunitas lainnya seperti pemphigus, bisa berakibat kulit mengelupas.

14. Dyshidrosis

Penyakit kulit ini ditandai dengan rasa gatal pada ujung jari dan telapak tangan, kemudian lecet. Kondisi bisa berlanjut dengan timbul celah pada area yang lecet.

15. Keratosis Aktinik

Berjemur di bawah sinar matahari secara terus – menerus tidak selamanya baik untuk kulit anda. Keratosis Aktinik ditandai dengan timbulnya bercak bersisik pada kulit tangan, rasanya nyeri.

16. Keratolysis Eksfoliatif

Penyakit kulit ini ditandai dengan pengelupasan pada telapak tangan, khususnya ruas jari. Gejala awalnya lecet atau terkelupas dengan pola lingkaran. Penyebab paling umum adalah penggunaan bahan kimia sehari – hari.

17. Tinea Manus

Infeksi pada tangan ini ditandai dengan ruam, radang, gatal, dan pengelupasan pada tangan. Terkadang ada cairan di telapak tangan penderita. Penyakit ini bisa menular dengan cara kontak secara langsung.

18. Kurang asupan vitamin B

Lapisan kulit terluar dapat terkelupas pada penderita defisiensi vitamin B.

19. Diabetes

Kulit mengelupas juga bisa menjadi gejala tingginya kadar gula dalam darah.


Tips Mencegah Kulit Terkelupas


  • Gunakan tabir surya, ketika anda berada di bawah terik matahari. Ini akan membantu terjaganya kelembaban kulit.
  • Cukupi kebutuhan gizi harian. Untuk menjaga kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit anda.
  • Jangan biarkan kulit terendam air terlalu lama. Hal ini dapat menghilangkan kelembaban pada kulit anda, sehingga jaringan luar terkupas.
  • Gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, dan olive oil untuk membantu menjaga kelembaban pada kulit anda. Lakukan pijatan lembut pada tangan dan kaki.
  • Terapkan masker mentimun untuk memperbaiki sel – sel kulit yang rusak, serta meredakan iritasi.

SImak: 9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar !

Nah, itulah 19 penyebab kulit terkelupas secara umum. Untuk kasus ringan, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan bahan – bahan alami. Namun, untuk penyakit kulit yang serius, anda harus konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Semoga tetap sehat dan cantik.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "19 Penyebab Kulit Terkelupas Dan Cara Mengobatinya"

Post a Comment