20 Cara Menebalkan Alis Mata Secara Cepat, Alami, dan Aman

Semua wanita pastinya ingin punya alis yang lebat dan hitam. Rambut halus di atas mata ini sangat memengaruhi penampilan, terutama kecantikan wajah. Bulu alis yang tipis dengan warna yang pudar, akan menimbulkan kesan tua.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menebalkan alis mata secara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya?


Alis Lebat dan Tebal
Mungkin anda bisa menggunakan pensil untuk memberikan warna lebih gelap dan indah. Tapi, hasilnya terlihat sangat tidak natural dan mudah luntur.

Sebelum kita sebutkan beberapa metode alami untuk melebatkan dan menghitamkan alis, alangkah baiknya kita tahu penyebab alis tipis. Nah, inilah beberapa faktor penyebabnya:

  • Sering mencukur bulu alis
  • Waxing
  • Threading
  • Defisiensi gizi
  • Tanda penuaan
  • Efek samping penggunaan kosmetik tertentu
  • Efek samping kemoterapi ataupun radiasi
  • Akibat penyakit tertentu, seperti eksim, alopecia areata, atau hypothyroidism


20 Cara Menebalkan Alis Mata Secara Cepat, Alami, dan Aman


Anda tidak harus melakukan sulam alis ataupun menggunakan bahan kimia, untuk membuat alis lebat dan hitam alami. Nah, inilah beberapa cara ampuh untuk menebalkan alis menggunakan bahan – bahan alami:

1. Minyak esensial rosemary


Cara melebatkan alis paling alami adalah menggunakan minyak rosemary. Minyak esensial ini mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut, serta mencegah kerontokan.

2. Aloe vera

Cara menebalkan alis menggunakan aloe vera:


  • Potong daun lidah buaya menjadi 2 bagian
  • Ambil gel nya
  • Oleskan pada alis mata
  • Biarkan selama setengah jam
  • Basuh wajah anda, hingga bersih
  • Ulangi perawatan ini tiap hari

3. Minyak fenugreek

Untuk mendapatkan alis mata yang tebal dan lebat, oleskan minyak fenugreek sebelum tidur. Minyak dari tanaman yang tumbuh di Yunani ini baik untuk memacu pertumbuhan rambut anda.

4. Minyak Almond

Salah satu cara cepat menebalkan alis secara alami adalah menggunakan minyak almond. Caranya:


  • Basahi bulu alis menggunakan minyak almond
  • Pijat lembut selama 5 menit, supaya minyaknya meresap.
  • Tunggu selama 30 menit, sebelum dibilas dengan air bersih

5. Yoghurt dan madu

Campur kedua bahan ini, masing – masing sebanyak 1 sdt. Oleskan pada alis mata secara merata, biarkan semalaman sebelum dibilas pada keesokan harinya.

6. Kuning Telur

Bukan hanya bekerja untuk mengecilkan pori – pori wajah saja, bahan ini juga berguna untuk melebatkan rambut. Untuk melebatkan alis mata, oleskan kuning telur dan biarkan hingga kering di alis. Bilas hingga bersih, ulangi setiap malam sebelum tidur.

7. Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya untuk menebalkan alis mata adalah minyak zaitun. Cara menggunakannya tidak berbeda dengan minyak almond.

Baca lainnya: 7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut !

8. Minyak jojoba

Rambut butuh kelembaban untuk tetap terjaga kecantikannya. Minyak jojoba berguna untuk membentuk lapisan lilin pada rambut, sehingga terlindung dari panas matahari.

9. Bawang Bombay

Untuk menebalkan alis mata menggunakan bawang Bombay, caranya seperti di bawah ini:


  • Tumbuk bawang Bombay, hingga halus
  • Peras dan saring, untuk memperoleh airnya
  • Oleskan airnya pada alis mata, menggunakan bola kapas
  • Biarkan selama semalaman, bilas wajah anda keesokan harinya

10. Minyak kelapa

Bahan alami ini akan lebih efektif, jika dicampur dengan ekstrak kulit lemon. Cara sederhananya, haluskan kulit lemon dengan blender. Campur dengan 1 sdm minyak kelapa. Oleskan kedua bahan ini pada alis mata, biarkan selama 15 menit. Jangan lupa membilasnya.

11. Minyak Kemiri

Bahal alami ini tidak diragukan lagi manfaatnya untuk menghitamkan rambut. Minyak kemiri juga efektif untuk menebalkan alis mata. Terapkan pada rambut halus di atas mata anda selama semalaman. Lakukan perawatan ini setiap malam.

12. Minyak biji rami

Pertumbuhan rambut dapat dipacu oleh asupan omega-3 dan asam lemak linoleat, yang terkandung dalam minyak biji rami.

13. Lemon

Selain terkenal untuk mencerahkan kulit, lemon juga mampu menebalkan alis mata. Cara penggunaan seperti pada lidah buaya.

14. Teh basi

Cara alami menebalkan alis mata, salah satunya menggunakan teh basi. Rendam teh tawar selama semalaman, oleskan pada alis mata dengan cotton bud.

15. Minyak Jarak

Bahan alami yang ampuh untuk menebalkan alis mata adalah minyak jarak. Cara menggunakan sama dengan minyak almond.

16. Kelopak bunga sepatu

Ekstrak kelopak bunga sepatu membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda. Petik satu bunga, lalu ulek kelopaknya saja hingga benar-benar halus lalu oleskan pada alis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

17. Bawang merah

Sulfur yang terdapat dalam bawang merah sangat efektif untuk memacu pertumbuhan rambut anda, termasuk alis mata. Untuk penerapannya, tidak berbeda dengan bawang Bombay.

18. Minyak pohon teh

Minyak hasil destilasi daun melaleuca alternifolia ini berguna untuk mencegah kerontokan pada rambut alis mata. Terapkan tea three oil pada alis mata, sebelum tidur malam.

19. Susu Murni

Selain berguna untuk menguatkan tulang disebabkan kalsium di dalmnya, susu juga berguna untuk menebalkan alis mata. Terapkan pada rambut lembut di atas mata selama 30 menit, disertai pijatan lembut selama 5 menit.

20. Minyak biji wijen

Efektivitas minyak wijen untuk melebatkan rambut dan melindunginya dari sinar UV, tidak diragukan lagi. Anda dapat menerapkan pada alis mata, dengan aman.


Tips Menjaga Kecantikan Alis Mata


Cukupi asupan nutrisi

Rambut yang sehat butuh asupan nutrisi, seperti protein, mineral, vitamin, kalsium, zinc, dan tembaga. Kebutuhan nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi  buah, sayuran, ikan, daging secara proporsional.

Cukupi kebutuhan air

Rambut yang sehat memerlukan asupan cairan yang cukup. Cegah dehidrasi dengan minum air putih pada porsi yang cukup.

Jangan mencabut alis mata

Dengan alasan penampilan lebih cantik, banyak wanita mencabuti alis mata. Hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit dan pori – pori di sekitar mata anda. Justru bentuk alis yang asli terlihat natural, daripada mencukur sebagian rambut.

Simak juga: Cara Memakai Eyeliner Untuk Mata Sipit Supaya Terlihat Besar !

Nah, itulah 20 cara menebalkan alis secara alami dan aman. Lupakan bahan kimia, sulam alis, dan apapun yang sifatnya menimbulkan efek samping di masa datang. Semoga tetap cantik dan sehat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "20 Cara Menebalkan Alis Mata Secara Cepat, Alami, dan Aman"

Post a Comment