10 Cara Mengobati Biduran Secara Alami Paling Efektif !

Kinisehat - Biduran merupakan gangguan kulit yang ditandai bentol – bentol bergerombol, berwarna kemerahan dan gatal rasanya. Sebenarnya, untuk biduran ringan tidak perlu diobati. Karena akan sembuh dengan sendirinya. Berbeda dengan biduran berat, tentunya harus diobati. Bagaimana pun, masalah kulit ini dapat kambuh lagi, jika dipicu konsumsi makanan penyebab alergi.

Mengatasi Gatal Biduran
Apa Penyebab Biduran?

Selain makanan tertentu (beberapa jenis ikan, udang, kerang, telur), biduran bisa timbul akibat alergi terhadap bulu binatang, daging kaleng, infeksi bakteri atau virus, racun serangga, ataupun stres.

Bagaimana Cara Mengatasi Biduran ?

Cara paling efektif untuk mencegah biduran kambuh lagi, dengan menghindari penyebab alergi. Seperti kerang, makanan laut, telur, dan sebagainya. Begitu juga dengan udara dingin. Hindari berada di lingkungan dingin, jika itu menyebabkan alergi.

Untuk meringankan gatal, mandilah dengan air hangat. Selain itu, anda bisa mengkonsumsi Antihistamin.

Obat Biduran / urtikaria

Gatal akibat biduran bisa diredakan dengan mengoleskan bedak dingin lotion calamin.

10 Cara Mengobati Biduran Secara Alami Paling Efektif



Berikut ini adalah cara alami mengatasi biduran dengan menggunakan bahan – bahan tradisional yang dapat anda pilih:

1. Leunca


Tanaman herbal untuk mengatasi biduran, salah satunya adalah leunca. Cuci tanaman tersebut, buang akarnya. Tumbuk hingga lumat, balurkan pada kulit anda di pagi dan malam hari.

2. Asam jawa dan temulawak

Rebus 15 gram temulawak, buah asam, dan gula aren bersama 2 gelas air. Biarkan hingga tersisa segelas. Minum airnya secara rutin tiap hari.

3. Akar Rosa Multifona Thumb

Cuci akar tanaman ini, kemudian rebus bersama 400 ml air. Biarkan sampai air berkurang 200 ml, minum airnya yang sudah dingin di pagi dan malam hari.

4. Adas dan Daun Kelor

Ambil daun kelor secukupnya, sesiung bawang merah, dan 2 gram adas pulosari. Rebus bersama 3 gelas air, sampai airnya berkurang segelas. Minum saat airnya hangat, di pagi dan sore hari.

5. Cuka Beras Hitam

Obat urtikaria atau biduran dari bahan alami, dapat dibuat dengan merebus 100 ml cuka beras hitam dan 30 gr jahe merah (sudah ditumbuk/ digeprek). Tambahkan juga gula merah, kemudian dinginkan. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

6. Kunyit dan daun kelor

Tumbuk halus bahan – bahan berikut; 20 gr kunyit, 10 gr sambiloto, 30 gr daun kelor, 3 butir bawang merah, dan 1 sdm adas. Rebus bersama 600 ml air hingga tersisa 200 ml. Minum airnya saat dingin, 3 kali sehari.

7. Air Kelapa Hijau

Salah satu khasiat air kelapa hijau adalah menetralisir racun. Anda bisa memanfaatkannya juga untuk meredakan biduran.

8. Daun Jombang

Cara alami untuk mengobati biduran lainnya adalah menggunakan daun jomblang. Rebus 30 gr daun Jomblang bersama 400 ml air, sampai berkurang 200 ml. Minum dengan teratur airnya, selagi hangat.

9. Daun Sirih

Rebus 20 helai daun sirih dan daun ketepeng bersama air secukupnya, sampai mendidih beberapa saat. Saring dan minum airnya, segera setelah hangat.

10. Minyak Zaitun dan kayu putih

Meredakan gatal akibat biduran, dapat dilakukan dengan mengoleskan campuran 1 sdm minyak zaitun yang dicampur dengan minyak kayu putih dan menthol Kristal.

Simak juga: 19 Penyebab Kulit Terkelupas Dan Cara Mengobati !

Itu saja cara mengobati biduran secara tradisional, tanpa obat. Cari bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar anda. Pada umumnya gangguan kesehatan akibat alergi ini dapat sembuh dengan sendirinya. Jika tidak segera sembuh dalam jangka lama, segera periksakan diri anda ke dokter. Semoga berguna.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Mengobati Biduran Secara Alami Paling Efektif !"

Post a Comment