29 Cara Mengobati Paru-Paru Basah Alami Dan Natural

Kinisehat.com - Paru - paru basah atau pneumonia adalah kondisi peradangan pada saluran udara yang menuju paru – paru. Penyakit ini bisa dikatakan ringan, jika tidak terjadi komplikasi dengan penyakit jantung, paru – paru, atau penyakit menahun lain. Penyebab pneumonia seperti bakteri, virus, alergi, paparan asam kuat, polusi, dan lainnya.

Berkendara di malam hari dan begadang, juga seringkali diduga menjadi penyebab paru – paru basah. Begitu juga dengan tempat tinggal dengan udara yang lembab.


Obat paru - paru basah tradisional
Apakah pasien terkena paru – paru basah atau tidak, dokter bisa memeriksa kondisi fisiknya, serta gejala yang dideritanya. Untuk pneumonia kronis, dapat diketahui melalui hasil jepretan foto x-Ray.

Gejala Penyakit Paru-paru Basah Secara Umum

- Mengalami sesak nafas, meski hanya sedikit bergerak
- Sering terkena flu
- Batuk dahak, biasanya berwarna kemerahan
- Gampang lelah
- Sering sakit kepala
- Bengkak pada kaki, juga tungkai
- Gangguan penglihatan, dll

29 Cara Mengobati Paru-Paru Basah Alami Dan Natural


Penderita pneumonia akan mendapatkan resep dokter, dan seharusnya menaati anjuran dokter untuk kesembuhannya. Sedangkan ramuan tradisional yang bisa dibuat sendiri antara lain:

1. Ciplukan


Obat paru – paru basah secara tradisional paling terkenal adalah tanaman ciplukan. Cuci tanaman ini, buang buahnya. Rebus hingga mendidih, biarkan dingin. Minum segelas airnya, 3 kali sehari.

Simak juga: 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit

2. Pegagan

Obat paru – paru basah yang dapat dibuat adalah pegagan. Iris – iris tipis 29 gram daunnya, serta 15 gram jahe. Rebus bersama 500 cc air, hingga tertinggal separuh airnya. Minum airnya di pagi dan sore, selama dua minggu.

3. Kulit Kacang Tanah

Ngemil kacang rebus memang enak, tapi yang dibutuhkan penderita paru – paru basah bukan kacangnya. Ambil 27 gram kulit kacang tanah, dan gula merah secukupnya. Rebus keduanya hingga air mendidih, minum di pagi dan malam hari.

4. Bunga Sepatu

Mungkin sudah jarang yang melihat bunga sepatu. Namun kembang sepatu masih banyak tumbuh di pedesaan, di pinggir jalan. Cukup ambil 2 kuntum, cuci dan tumbuk.

Setelah lumat, masukkan ke dalam gelas berisi air dan tambahkan garam. Minum airnya setelah disaring, 3 kali sehari.

5. Kunyit

Bahan alam yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai jamu tradisional. Ternyata rempah satu ini punya antibakteri dan anti viral, yang mampu melawan infeksi dan melancarkan pernafasan.

Buatlah adonan dari bubuk kunyit yang dicampur dengan minyak mustard. Oleskan pada tubuh bagian atas.  Untuk obat minum, campur bubuk kunyit dengan susu hangat, dan sesendok lada hitam. Minum campuran tersebut tiap hari.

6. Bawang putih

Selain memiliki sifat anti-mikroba, bawang putih juga mampu menurunkan suhu tubuh dan mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Campur 1 cangkir susu bersama 4 gelas air, tambahkan 1 sdt bawang putih. Rebus hingga tersisa segelas, minum 3 kali sehari.

7. Cabe Rawit

Tingginya capsaicin yang terkandung dalam cabe rawit membantu pelepasan lendir dari saluran nafas. Campur segelas jus lemon dengan cabe rawit secukupnya, minum 2 kali dalam sehari.

8. Wijen

Untuk meluruhkan lendir, ambil sesendok makan biji wijen. Rebus bersama 1 cangkir air, tambahkan 1 sdm biji rami, 1 sdt madu, dan sedikit garam. Minum air rebusannya, setelah dingin.

9. Biji Fenugreek

Macetnya sistem pernafasan, dapat diperlancar oleh sifat mukolitik yang ada di dalam biji fenugreek. Bukan itu saja, biji ini mampu meredakan demam dan menetralisir racun pada penderita paru-paru basah.

10. Minyak Oregano

Minyak alami ini mengandung sifat anti bakteri, anti viral, serta anti jamur. Ketiganya bermanfaat untuk melegakan sistem nafas bagi penderita paru-paru basah.

11. Selai kacang

Kacang tanah yang dibuat selai, dapat membantu mengatasi paru – paru basah. Masak hingga mendidih, konsumsi saat hangat. Makan di pagi dan malam hari.

12. Bunga Sepatu

Tumbuk 2 kuntum kembang sepatu, setelah dicuci. Campur dengan segelas air panas. Tambahkan sedikit garam, saring. Minum 3 kali sehari.

13. Minyak Terpentin

Campuran minyak terpentin dan kapur barus, dapat digunakan sebagai obat gosok untuk meredakan nyeri tulang rusuk pada penderita pneummonia.

14. Jus Lemon

Tingginya vitamin C pada lemon, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Anti bakteri pada buah ini berguna untuk melawan bakteri penyebab paru-paru basah.

15. Biji rami

Salah satu ekspektoran alami yang dapat mengurangi dahak atau lendir adalah campuran biji wijen dan rami. Seduh keduanya bersama secangkir air panas, saring dan tambahkan madu. Minum tiap hari.

16. Teh Hitam

Kandungan catechin, antioksidan dan polifen0l dalam minuman ini sangat membantu penderita paru – paru basah. Tambahkan 3 sdt bubuk biji fenugreek ke dalam secangkir teh hitam. Minum sekali saja dalam sehari.

17. Elecampane

Tanaman ini mirip seperti bunga matahari, tapi bentuknya oval dan berdaun hijau. Bahan alami ini efektif sebagai pelega paru-paru basah, bronkitis maupun TBC.

Rebus 1 sdt elecampane kering bersama air, selama 25 menit. Saring, tambahkan 1 sdt madu. Minum 3 kali dalam sehari, selama 2 minggu.

18. Kaldu Kalium

Mineral kalium baik untuk memperbaiki jaringan paru-paru pada penderita paru – paru basah. Siapkan 4 siung bawang putih, 2 wortel besar, 2 lobak, 2 seledri. Rebus hingga mendidih selama ¼ jam. Konsumsi sebagai kaldu atau sup.

19. Lada Hitam

Lada hitam dan daun kemangi, keduanya merupakan dekongestan alami yang efektif melawan infeksi pneumonia. Bahan alami ini juga membantu mengatasi sistem pernapasan yang dipenuhi cairan.

Caranya, tumbuk 7 lembar daun kemangi dan campur dengan ½ sdt lada hitam. Campurkan air minum, kemudian konsumsi secara rutin tiap hari.

20. Uap

Untuk melegakan pernafasan dan melawan infeksi, gunakan minyak esensial yang diuapkan. Anda dapat memilih minyak lemon, pohon teh, lavender, atau kayu putih. Rebus air dalam panci, tetesi dengan minyak esensial. Hirup uapnya, sambil menutup kepala  dengan handuk.

Tips Mengobati penyakit paru – paru basah



  • Berdo'a untuk kesembuhan
  • Hindari bekerja keras
  • Hindari berkendara di malam hari
  • Gunakan alas saat tidur
  • Hindari paparan debu, asap, dan cat/ pewarna tembok
  • Jangan merokok
  • Perbanyak istirahat
  • Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian
  • Beralihlah untuk menjalani pola hidup sehat

Nah, itulah 29 tips dan cara mengatasi penyakit paru – paru basah secara tradisional menggunakan bahan – bahan alami. Semoga membantu

SImak juga: 10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur !

credits photo: webmd.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "29 Cara Mengobati Paru-Paru Basah Alami Dan Natural"

Post a Comment