18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat buah kersen untuk kesehatan seolah-olah diabaikan oleh banyak orang. Padahal, buah mungil ini memberikan kontribusi di dunia kecantikan dan pengobatan herbal. Meskipun ukurannya kecil, tenyata buah kersen sangat berguna untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, serta mampu melawan penyakit tertentu.

18 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Nama ilmiah untuk buah kersen adalah Muntingia calabura. Di Indonesia, buah ini memiliki banyak sebutan seperti keres, talok, kersem, baleci, dan banyak lagi. Orang Spanyol menyebutnya niguito, sedangkan nama buah ini dalam bahasa Inggris adalah Singapore cherry.

Kandungan buah kersen

Di balik rasanya yang manis dan ukurannya yang kecil, ternyata buah kersen memiliki sejumlah nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin A dan C, karbohidrat, zat fosfor, lemak, zat besi, niacin, betakaroten, tianin, dan riboflavin.

Daun kersen memiliki efek farmakologis sebagai anti tumor, disebabkan adanya senyawa flavonioda, saponin dan tannin di dalamnya. Daun ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik.


18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Buah yang disukai oleh anak-anak ini ternyata berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit ringan hingga berat. Berikut ini adalah manfaat buah kersen untuk pengobatan yang seharusnya anda tahu:

1. Menurunkan kadar asam urat

Penderita asam urat sering mengalami rasa nyeri yang menyiksa. Nah, untuk mengatasi asam urat, obati dengan daun talok. Rebus daun kersen bersama air selama beberapa menit, minum dengan rutin setiap hari saat airnya menjadi dingin.

2. Mengatasi peradangan


Sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam buah kersen berguna untuk mencegah peradangan, dan mampu untuk menurunkan demam.

3. Menyehatkan mata

Buah kersen atau talok diperkaya dengan betakaroten dan vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga retina tetap sehat, serta melindungi penglihatan.

4. Mencegah kanker

Antioksidan dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten di dalamnya.

5. Baik untuk jantung

Mineral penting dalam buah kersen dibutuhkan untuk menjaga jantung tetap sehat. Jadi, biarkan anak kecil menyukai buah ini.

6. Mengobati diabetes

Buah kersen cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa kima di dalam daunnya efektif untuk mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula dapat berjalan dengan baik.

Cara membuat ramuannya, rebus 50-100 gram daun kersen bersama seliter air hingga tersisa ½ liter saja. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.

7. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Buah dan daun kersen juga bersifat anti-mikroba dan antiseptik, yang mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti C Diptheriea, S Epidemidis, S Aureus, dan K Rizhophil. Cukup dengan makan buahnya atau dengan minum air rebusannya untuk mendapatkan khasiat ini.

8. Mengobati tekanan darah tinggi

Buah kersen dilengkapi dengan kalium yang mampu mengontrol tekanan darah, sehingga hipertensi dapat diobati dengannya. Baca: 8 makanan pantangan bagi penderita darah tinggi!


Manfaat Buah Kersen Untuk Kecantikan


9. Mencegah penuaan dini

Sejumlah antioksidan termasuk vitamin C dalam buah kersen sangat efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga menjaga elastisitas kulit anda. Makan buah yang kaya akan vitamin C akan membuat kulit wajah menjadi lebih berseri dan awet muda.

10. Menurunkan berat badan

Karbohidrat dalam buah kersen mampu menyebabkan kenyang lebih lama, sehingga mencegah kegemukan. Jadi, buah kecil ini dapat menjadi cemilan yang sehat.

11. Menghilangkan jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat di wajah, cobalah masker kersen. Caranya, pencet buah kersen kemudian terapkan air dan biji di dalamnya pada wajah anda secara merata. Lakukan perawatan ini sebelum tidur malam, cuci wajah anda pada keesokan harinya. Menarik: 5 cara cepat menghilangkan jerawat secara alami


Manfaat buah kersen lainnya



  • Mengurangi resiko serangan stroke
  • Pereda sakit kepala
  • Mengatasi gejala flu
  • Menurunkan kadar kolesterol darah
  • Mencegah batuk
  • Mencegah infeksi
  • Mencegah kejang dan kaku pada saluran cerna karena penyakit gastritis maupun diare

Nah, itulah 18 manfaat buah kersen untuk pengobatan dan kecantikan yang luar biasa. Jadi, tidak salah jika anda menanam pohonnya di pekarangan dekat rumah. Namun, segera pangkas pohonnya jika terlalu tinggi, untuk mencegah anak-anak memanjat pohonnya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "18 Manfaat Buah Kersen Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Post a Comment