19 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik Pada Anak Muda

Semua orang merasa penasaran, apa sebenarnya penyebab kulit kering dan bersisik? Kadang kondisi ini disertai rasa gatal dan kemerahan. Jika masalah ini terjadi wanita yang berusia tua, mungkin dapat dimaklumi. Tapi wanita muda dengan kulit bersisik, pastinya akan merusak penampilannya sehingga tidak cantik lagi.

19 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik Pada Anak Muda
Kulit kering disebabkan oleh lapisan epidermis yang tidak mampu melindungi kulit dari paparan luar yang bersifat menghilangkan kelembaban. Kulit yang kehilangan minyak alami akan terlihat kasar, kusam, bersisik, mengelupas, dan pecah-pecah.

Kenapa kulit kering pada wanita tua disebut wajar? Hal ini terkait dengan faktor penuaan, sehingga produksi kelenjar sebasea untuk menghasilkan sebum mengalami penurunan yang signifikan. Terutama pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Usia muda tapi kulitnya kering dan bersisik, apa penyebabnya?

Kulit kering dalam istilah medis disebut xeroderma atau xerosis. Masalah ini dapat terjadi pada siapa saja, pada wanita ataupun pria. Menurut seorang profesor dermatologi di University of Pittsburgh, faktor pemicu kondisi ini cukup bervariasi, seperti kondisi medis, lingkungan, dan lainnya.

Kulit yang terhidrasi tidak terlihat kusam atau kemerahan, tapi cerah dan bersinar. Jika kekeringan pada kulit anda dibiarkan tanpa perawatan, dapat memberikan peluang bagi perkembangan mikroba. Sehingga dapat berakibat infeksi jamur. Kondisi ini sering dialami oleh seseorang yang memiliki kulit pecah-pecah. Bahkan, kasus eksim dapat menjadi ancaman yang serius bagi pemilik kulit kering.


19 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik Pada Anak Muda


Kondisi kekeringan pada kulit anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

1. Spon mandi

Wanita biasanya berlama-lama saat mandi. Untuk mencegah hilangnya minyak alami pada kulit, jangan menggunakan spon untuk menggosok kulit anda. Jika anda tetap ingin menggunakan peralatan mandi ini, jangan terlalu berlebihan.

2. Udara kering

Udara yang kering dan terpaan angin dapat menyebabkan kulit anda tidak terhidrasi dengan baik. Padahal, kulit memerlukan sekitar 60 persen kelembaban. Dampak yang sering timbul adalah kulit kering dan bersisik.

3. Kondisi medis


Beberapa kondisi kesehatan seperti eksim ataupun perubahan hormon dapat menjadi faktor penyebab kulit kering dan kasar. Perubahan hormon tidak mungkin dicegah, tapi eksim dapat diobati dengan obat-obatan medis atau herbal.

Penyakit kulit lainnya seperti psoriasis atau dermatitis atopic dapat menyebabkan kulit kemerahan dan bersisik. Gejala seperti ini terjadi juga pada penderita diabetes dan hipotiroidisme.

4. Mandi uap terlalu sering

Kebiasaan mandi menggunakan uap panas mampu menghilangkan minyak alami di kulit anda, yang pada akhirnya menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Demikian pula mandi dengan air panas selama 10 menit atau lebih, akan mengakibatkan kelembaban kulit berkurang. Jika anda terbiasa melakukan kebiasaan ini, sebaiknya hentikan secara berangsur-angsur untuk mencegah kondisi kulit menjadi kering.

5. Bahan tertentu pada parfum

Gunakan parfum sedikit saja, karena bahan di parfum tertentu dapat menyebabkan iritasi dan hilangnya kelembaban pada kulit.

6. Sabun mandi yang tidak tepat

Jangan mandi menggunakan sembarang sabun, terutama yang mengandung tinggi detergen. Bahan tersebut memang ampuh untuk meluruhkan kotoran yang melekat, tapi juga akan menghilangkan minyak alami di kulit anda.

7. Menggosok kulit dengan handuk setelah mandi

Apa salahnya menyeka kulit dengan handuk setelah mandi? Tetesan air yang tersisa di kulit memang harus dikeringkan dengan handuk yang lembut. Tapi anda harus melakukannya dengan jeda waktu yang cukup. Jangan langsung menggosok kulit menggunakan handuk setelah mandi, yang dapat berakibat hilangnya minyak alami di kulit anda.

8. Obat-obatan kimia

Konsumsi obat tertentu seperti seperti antihistamin, diuretik, dan anti spasmodic dapat mengakibatkan kulit anda makin kering. Namun kondisi kulit dapat pulih setelah konsumsi obat dihentikan.

9. Pakaian sempit

Jika anda sering menggunakan pakaian yang sangat ketat, maka kulit dapat teriritasi. Gesekan antara kulit dan pakaian secara berulang, akan membuat kulit makin kering.


Penyebab kulit kering lainnya



  • Faktor genetik.
  • Sering begadang hingga larut malam.
  • Kekurangan gizi karena diet yang tidak sehat atau pola makan yang buruk.
  • Penyakit seborrhea.
  • Berenang di kolam yang banyak mengandung klor.
  • Menahan rasa dahaga dan lapar.
  • Makanan pedas, pahit, atau gorengan.
  • Aktivitas fisik dan mental yang terlalu diforsir.
  • Terlalu lama berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner).
  • Terlalu sering menggunakan pemanas ruangan.

Nah, itulah 19 penyebab kulit kering dan bersisik pada remaja. Penggunaan moisturizer atau pelembab dapat membantu untuk mengatasi kondisi ini. Jika penyebabnya adalah kebiasaan buruk, maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, semoga kulit anda terhindar dari kekeringan sehingga lebih segar dan cantik. Mungkin berguna untuk anda: 9 Cara Alami Mengobati Tumit Retak Dengan Mudah

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "19 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik Pada Anak Muda"

Post a Comment